Peraturan hotel terkait properti dan denda
Menurut Ketua Umum Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) I Gede Arya Pering Arimbawa, setiap hotel sebetulnya punya aturan masing-masing terkait properti mereka.
Terhadap noda yang sifatnya tidak bisa dihilangkan, menurutnya, secara umum semua hotel akan memberikan sanksi atau denda.
Arya menambahkan, pada dasarnya hotel membuat peraturan untuk melindungi kebaikan kedua belah pihak, baik tamu maupun pengelola.
“Biasanya yang sulit adalah jika hotel harus membeli barang satuan, apalagi jika handmade atau pesanan khusus, harganya bisa berkali lipat lebih mahal,” paparnya, Rabu (15/12/2021).
General Manager di Harper Perintis Makassar by Aston ini menyebutkan, umumnya hotel-hotel memiliki ketentuan rotasi linen.
Misalnya ada tiga pasang linen dalam satu kamar yang terdiri dari bed cover, bed sheet, dan lain-lain sesuai standar setiap hotel.
Jika jumlahnya berkurang, seperti karena kasus tumpahan noda, proses pembersihan atau penggantian linen pada kasur juga akan terhambat.
Petugas kemudian harus menghabiskan waktu untuk membersihkan atau bahkan mengganti, sehingga berpengaruh kepada operasional keseluruhan.