13 Juli 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNISINFO NASIONAL

5G XL Axiata Siap Dukung Kesuksesan MotoGP Mandalika

Jakarta, Infodis.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan segera menghadirkan layanan 5G di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Berbagai persiapan saat ini sedang dilakukan di lapangan agar layanan data dan internet super cepat ini bisa hadir mendukung gelaran balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022, baik untuk tujuan 5G Experience maupun 5G Showcase.

Salah satu tahap persiapan yang sudah berlangsung adalah uji coba 5G XL Axiata secara terbatas di lapangan, yaitu pada 12 Februari 2022, dengan hasil yang cukup memuaskan

“Uji coba 5G XL Axiata sudah kami laksanakan pada 12 Februari kemarin, pada kesempatan ini, kami telah menguji beberapa aspek teknis, dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa operator satelit untuk melaksanakan pengujian co-existence pada spektrum 3.5GHz di Kawasan sirkuit Mandalika. Uji co-existence ini dimaksudkan untuk memastikan jaringan 5G yang akan digelar nanti tidak mengganggu sistem operasional satelit yang telah ada di sekitar kawasan. Hasilnya cukup memuaskan sementara ini, dimana tidak ditemukan adanya gangguan di jaringan satelit akibat dari pemanfaatan 5G. Semua hal terkait proses uji coba, termasuk hasilnya, telah kami laporkan kepada Kominfo,” kata
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Sabtu (19/2/2022).

Gede melanjutkan, guna menyelenggarakan layanan 5G di Mandalika ini, XL Axiata akan menggunakan spektrum pita frekuensi 3.5GHz dan 26GHz untuk menghadirkan real 5G experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di Sirkuit Mandalika. Untuk dapat menikmati layanan 5G XL Axiata ini, maka pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Rencananya, akan ada beberapa titik strategis layanan 5G XL Axiata yang bisa diakses secara gratis oleh pelanggan di seputar sirkuit. Titik-titik akses ini berada di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP village, tribun penonton serta lokasi strategis lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP. Akses ke layanan 5G ini sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Related posts

Jatim Siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Bencana, Pj Gubernur Adhy: “Kita Harus Bergerak Cepat!”

Strategi Penurunan Stunting melalui Pencegahan Pernikahan Dini di Surabaya Bakal Jadi Percontohan Nasional

Project Manager PT ZTE Indonesia Diperiksa Sebagai Saksi Terkait dengan Perkara BAKTI Kominfo Dalam Perkara TPPU