25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Antisipasi Luapan Air Sungai, Begini Upaya Pemkot Surabaya

Pengerukan di Sungai Srikana/Ist

Surabaya, Infodis.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) terus berupaya untuk mencegah dan mengantisipasi adanya banjir dari luapan sungai di perkampungan, usai terjadinya hujan lebat di Kota Pahlawan. Maka, pihaknya langsung melakukan pengerukan di Sungai Srikana yang berlokasi di kawasan Jalan Gubeng Surabaya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Lilik Arijanto mengatakan bahwa pihaknya melakukan kerja bakti dengan melakukan pengerukan sedimen yang ada di Sungai Srikana. Menurut dia, lokasi Jalan Srikana rawan terjadi banjir, karena kawasan jalan tersebut berbentuk Leter L.

“Memang disitu pada beberapa hari yang lalu sempat terjadi banjir. Itu karena aliran air yang seharusnya lurus, karena bentuknya leter L maka mudah terjadi sedimentasi atau pendangkalan,” kata Lilik, Sabtu (29/1/2022).

Lilik mengaku, selama melakukan pengerukan di kawasan tersebut, tidak sedikit saluran air yang ditutupi oleh jembatan yang dibuat oleh warga sekitar. Oleh karena itu, pihaknya melakukan pengerukan secara manual dan ditambah dengan menggunakan bantuan alat berat.

“Jadi yang bagian di bawah jembatan kita lakukan secara manual dan yang tidak dibawah jembatan kita lakukan dengan alat,” ungkap dia.

Related posts

Wali Kota Eri Beri Reward Pada 18 Kafilah

Puluhan Warga Binaan Rutan Kraksaan Jalani Vaksin Dosis 1, 2 dan 3

adminredaksi

Kapolresta Sidoarjo Pantau Vaksinasi Anak SLB-B Dharma Wanita

adminredaksi