25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Antisipasi Suspek PMK, Dispangtan Kota Malang Giatkan Pemantauan Ternak dan Edukasi

Sapi yang ada di Perunda Tunas Kota Malang/malangkota

Malang, Infodis.id – Adanya serangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan yang merebak di berbagai daerah telah dilakukan antisipasi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang.

Langkah yang diambil adalah dengan peningkatan pemantauan sapi, edukasi dan pencegahan, Kamis (12/5/2022).

Kepala Dispangtan Kota Malang Sri Winarni, SH,. MM mengungkapkan untuk mengantisipasi PMK di Kota Malang, dalam sepekan terakhir terus dilakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan. Bersama komunitas, surveilans petugas dari Dispangtan Kota Malang. Bukan hanya untuk pemantauan sapi saja. Pemantauan juga dilakukan untuk kambing, domba, dan babi.

Dari serangkaian pemeriksaan yang dilakukan di Kota Malang pada 10 Mei 2022 di Perumda Tunas Kota Malang ditemukan dua sapi yang mati mendadak dan satu diduga suspek PMK. Sapi itu sudah diambil sampel darahnya untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium dan sudah dilaporkan kepada provinsi untuk ditindaklanjuti.

“Sapi yang diduga suspek PMK bersangkutan sudah dibakar dan dikubur. Lokasi sapi yang mati juga sudah disterilisasi untuk mencegah terjadinya penularan,” terang Sri Winarni.

Related posts

Gunung Merapi Muntahkan APG Sejauh 2.000 Meter, Hujan Abu Terjadi di Boyolali dan Magelang

LaNyalla Sebut Bangsa Dalam Proses Pembusukan, Ini Penyebabnya

adminredaksi

Dibantu Kemenhub, Wali Kota Eri Luncurkan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo

adminredaksi