1 Maret 2024
INFODIS.ID
Indeks BeritaINFO DAERAH

Antisipasi Wabah PMK, Polres – DPKH Probolinggo Sasar Kandang Komunal

Foto/probolinggokab

Probolinggo, Infodis.id – Dalam rangka mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi, Polres Probolinggo bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menyasar sejumlah kandang komunal sapi di wilayah Kecamatan Lumbang, Jumat (13/5/2022).

Kandang komunal sapi tersebut berada di beberapa desa di wilayah Kecamatan Lumbang. Yakni, Desa Negororejo, Purut, Wonogoro, Lumbang dan Sapeh. Penyasaran kandang komunal sapi ini dilakukan oleh Bhabinkamtibmas.

“Kami melakukan pengawasan secara intensif untuk melihat secara langsung kondisi hewan ternak di lapangan terutama terhadap hewan ternak yang didatangkan dari luar Probolinggo,” kata Kapolres AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Kapolres menerangkan, penyebaran PMK pada sapi ini tidak perlu dikhawatirkan sebab tidak bisa menyebar ke manusia. Selain itu, daging dari hewan yang terinfeksi PMK masih bisa dikonsumsi, namun untuk bagian organ dalam dan lidah sapi tidak dapat dikonsumsi.

“Daging sapi ini merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat sehingga kami perlu melakukan pengecekan terhadap hewan secara langsung di lokasi peternakan,” jelasnya.

Related posts

Polresta Sidoarjo Bersama Dinkes dan Ikatan Apoteker Indonesia Sidak Apotek

adminredaksi

Beri Pengarahan pada Guru se-Kota Surabaya, Wali Kota Eri: Bentuklah Karakter Anak

adminredaksi

Mahasiswa Unusa Ciptakan Safety Goggles Myopi Bagi Pekerja

adminredaksi