BNNP Jatim Ungkap Transaksi Ganja Lewat Medsos

oleh -41 Dilihat

Surabaya, Infodis.id – Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim, berhasil mengungkap transaksi narkotika jenis ganja melalui media sosial (medsos) Instagram.

“Pengungkapan tersebut menyusul ditangkapnya YF pada Sabtu (7/5/2022) pukul 22.00 WIB, di Jalan Kedurus Gg.II No.57, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya,” kata Brigjen Pol. Mohammad Aris Purnomo mengatakan, Kamis (19/5/2022).

Saat menggeledah tersangka, petugas BNNP Jatim menemukan 1 paket plastik kecil warna coklat berisi ganja, dengan berat bruto kurang lebih 7 gram di saku celana sebelah kiri. Petugas juga berhasil mengamankan 4 paket ganja yang berisi 493 gram, 512 gram, 471 gram dan 505 gram.

“Tersangka YF mengakui mendapatkan narkotika jenis ganja tersebut, dengan cara membeli melalui media sosial Instagram Akun Omah Ijo, selanjutnya berkomunikasi melalui telegram dengan tersangka,” jelasnya.

Brigjen Pol Aris menambahkan, setelah itu tersangka diarahkan untuk memesan melalui akun ph8coffe, karena paket ganja tersebut akan disamarkan pengirimannya dengan bubuk kopi.

Tersangka membeli ganja seberat kurang dari 2 kilogram dengan harga Rp12.000.000. Pembayaran dilakukan setelah barang sampai tujuan. Tersangka YF mengaku sudah 6 kali melakukan transaksi. Pembelian yang ke-6 ini diketahui petugas BNNP Jatim, hingga akhirnya tersangka berhasil ditangkap dan diamankan.

Menurut YF, ganja tersebut untuk pengobatan penyakit diabetes. Ganja direbus dengan minyak zaitun dan minyak tawon. Ramuan tersebut diminum atau dioleskan apabila ada luka. Namun sebagian ganja tersebut juga dikonsumsi seperti rokok.

“Sebagian juga dijual secara online melalui sosial media Instagram dengan harga Rp 250 ribu sebanyak segumpal tangan,” pungkas Aris. (isa)

No More Posts Available.

No more pages to load.