25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO NASIONAL

BPJS Kesehatan Luncurkan DETAK

Ilustrasi/Net

Jakarta, Infodis.id – Jakarta Demi mengoptimalkan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan meluncurkan data sampel 2015-2020 yang bisa diakses oleh publik.

Data sampel ini berupa data umum dan data kontekstual yang diharapkan dapat membantu publik baik peneliti maupun pemangku kebijakan memotret pengelolaan Program JKN-KIS yang sebentar lagi memasuki tahun ke-9.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga meluncurkan DETAK atau Dashboard Evaluasi Penyakit Kronis. Nantinya, dashboard ini dapat diakses oleh Pemerintah Daerah untuk mengetahui tingkat prevalensi dan insiden dari dua penyakit kronis utama (mother of desease) yaitu Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT). DETAK diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam pengambilan kebijakan strategis bidang kesehatan di wilayahnya.

“Data sampel, dashboard DETAK, yang kita luncurkan hari ini merupakan bagian dari upaya kami dalam mendorong engagement masyarakat, sehingga seluruh pemangku kepentingan dapat bersama-sama memanfaatkan aset data tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas rekomendasi kebijakan berbasis evidence-based policy,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

Related posts

Jombang Resmi Miliki TPA Modern, Siap Atasi Masalah Sampah

ASTINDO Travel Fair, Telkomsel Hadirkan RoaMAX

adminredaksi

Tutup Tahun dengan PROPER Emas, SIG Lampaui Ekspektasi Kinerja Berbasis Lingkungan dan Sosial