1 Maret 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Ciptakan Alternatif Herbal Drink, Mahasiswa Ubaya Buat Jelly Drink dari Bawang Dayak

Berliana Yusup/Ist

Surabaya, Infodis.id – Berliana Yusup, mahasiswa Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya membuat inovasi jelly drink berbahan bawang dayak.

Inovasi ini dilakukan untuk menciptakan alternatif herbal drink. Proses pembuatannya didemonstrasikan pada Rabu (27/4/2022) di Laboratorium Mikrobiologi Ubaya BB 3.2, Ubaya Kampus Tenggilis, Jl. Raya Kalirungkut.

Bawang dayak merupakan tanaman obat yang biasa dikonsumsi dalam bentuk air rebusan. Namun, rasanya yang pahit membuatnya kurang diminati masyarakat. Alasan inilah yang membuat Berliana berinisiatif mengolah bawang dayak menjadi jelly drink.

“Bawang dayak punya banyak manfaat antioksidan dan jelly drink adalah minuman yang disukai segala kalangan dan usia. Jadi, cocok kalau kedua hal itu dipadukan jadi minuman kesehatan yang enak,” ujarnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi INFODIS, Kamis (28/4/2022).

Secara fisik, bawang dayak mirip dengan bawang merah. Namun, bawang dengan nama latin Eleutherine bulbosa ini tidak memiliki bau menusuk seperti bawang merah. Sehingga, bisa dimanfaatkan menjadi olahan minuman.

Senyawa bersifat antioksidan yang terkandung dalam bawang dayak, antara lain naftokionon, alkaloid, tannin, glikosida, flavonoid, fenolik. Selain itu, bawang ini memiliki kandungan senyawa eleutherinoside A, eleuthoside B yang bersifat anti diabetes.

Ekstrak Bawang Dayak yang dijadikan jelly drink memiliki nilai IC50 antioksidan sebesar 73,3 ppm (parts per million) yang artinya tinggi antioksidan. Dalam 100 gram jelly drink bawang dayak memiliki antioksidan yang setara dengan 11,06 mg vitC.

“Kita sering terpapar polusi udara, asap rokok, dan radikal bebas lainnya. Nah, dengan mengonsumsi minuman ini, kita jadi punya tambahan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Untuk memaksimalkan khasiatnya, jelly drink dapat dikonsumsi sebanyak 600ml per hari sesuai kebutuhan antioksidan yang dibutuhkan tubuh,” jelas mahasiswi angkatan 2018 itu.

Related posts

Banyuwangi Tuan Rumah Rakornas Kearsipan 2023

Korupsi Uang Mesin ATM, Mantan Pegawai Bank Jatim Dituntut 7,6 Tahun

Putra

Peduli Sesama, Kapolresta Sidoarjo Bantu Warga Tak Mampu Biayai Sekolah Anaknya

adminredaksi