19 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

DPKH Kabupaten Probolinggo: Daging Ternak Terkena PMK Aman Dikonsumsi Asal Dipotong di RPH

Probolinggo, Infodis.id – Masyarakat tidak perlu resah maupun panik secara berlebihan untuk mengkonsumsi daging dengan adanya beberapa ternak yang terdeteksi tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo memastikan bahwa daging ternak yang terkena PMK ini aman untuk dikonsumsi masyarakat asalkan dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH). Sebab disana ada tim dokter yang akan memeriksa kesehatan ternak yang dipotong.

“Tidak perlu panik dan gelisah, ternak yang terkena PMK masih aman dikonsumsi kalau dipotong di RPH. Apalagi PMK ini tidak bisa menular kepada manusia karena bukan zoonosis,” kata Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi.

Oleh karena itu, Yahyadi menegaskan pemotongan hewan, terutama yang terkena PMK wajib dilaksanakan di RPH dengan ketentuan dilakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem dalam jangka waktu 24 jam.

“Dilakukan pemisahan tulang dan pemisahan limfonodus utama. Sebelum proses pemisahan tulang dan limfonodus, karkas dilayukan dalam pendingin dengan suhu maksimum +2 derajat selama 24 jam serta nilai Ph daging pada otot longisimus dorsi dibawah 6.0,” jelasnya.

Related posts

Merah Putih 2: Misi Menjembatani Konektivitas Nusantara

Pemkab Banyuwangi Terus Kampanyekan Jaga Kebersihan Sungai

adminredaksi

Tahun Pertama 2022, Oppo Siap Geber Smartphone 5G

adminredaksi