
Surabaya, infodis.id – Uleg Talent School (UTS) digelar pada 15-17 November 2024, di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya. Acara ini diinisiasi oleh PT Sekar Laut Tbk, sebagai upaya mendukung pengembangan bakat generasi muda sekaligus memperkenalkan produk inovatifnya.
General Manager PT Sekar Laut Tbk, Welliam Cung mengatakan bahwa Uleg Talent School adalah manifestasi dari semangat inovasi perusahaan dalam mempromosikan salah satu produknya, Sambal Uleg. Brand sambal ini merupakan mitra co-branding Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan logo Wonderful Indonesia yang telah menghiasi kemasannya di belasan negara.
“UTS adalah sekolah bakat di dalam mall, di mana berbagai kompetisi seperti seni, akademis, hingga performa kreatif digelar dalam satu panggung besar. Kami ingin menjadi wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan potensi mereka,” kata William dalam sesi konferensi pers, Jumat (15/11/2024).
Sebanyak sembilan kategori akan dilombakan pada UTS kali ini. Mulai dari seni, akademik, hingga aktivitas fisik.
Kategori tersebut antara lain, Lomba cerdas cermat untuk SD dan SMP, bekerja sama dengan Ruang Guru. Kompetisi menggambar dan mewarnai untuk anak TK, pentas seni untuk TK, lomba menghias bento untuk siswa SD, didukung oleh Moorlife. Kompetisi cosplay terbuka untuk umum, festival band untuk siswa SMP dan SMA.
Selanjutnya ada kompetisi tari untuk siswa SMA, lmba variasi dan formasi paskibra untuk SMA. Hingga gabungan kompetisi cerdas cermat dan ketangkasan untuk siswa SMA.
Welliam menyoroti kategori terbaru, School Warrr, sebagai daya tarik utama tahun ini. “Ini adalah kompetisi tim SMA yang menggabungkan kecerdasan dan ketangkasan. Tim terbaik akan mewakili sekolahnya dalam tantangan nasional yang kompetitif,” jelasnya.
UTS juga diramaikan dengan kehadiran figur publik. Pembukaan acara akan dilakukan oleh Melati Tedja, Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024, bersama Raka-Raki Jawa Timur 2024. Selain itu, juri tamu seperti Regina Phoenix akan berpartisipasi dalam lomba tari. Penampilan spesial akan diisi oleh Lyodra di hari terakhir, serta kejutan dari bintang tamu lainnya.
Sejalan dengan UTS, PT Sekar Laut Tbk juga memperkenalkan produk terbarunya, Rawit Tabur, cabai bubuk dengan sensasi pedas unik. “Kami ingin memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung, termasuk pembagian produk Rawit Tabur gratis selama acara berlangsung,” ungkap Welliam.
Menurut Welliam, UTS dirancang untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen muda. “Kami ingin menciptakan brand awareness sejak dini. Harapannya, 5-10 tahun mendatang, mereka akan mengingat produk kami sebagai bagian dari kehidupan mereka,” ujarnya.
Produk Finna sendiri terus beradaptasi dengan kebutuhan pasar. “Kami bergerak ke arah praktis, menghadirkan produk yang mudah dikonsumsi. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan produk kerupuk matang menunjukkan pertumbuhan signifikan, baik di pasar domestik maupun internasional,” tambahnya.
Welliam juga menyinggung tantangan mendobrak stigma bahwa kerupuk hanya pelengkap makanan. “Kami ingin mengubah persepsi ini. Di luar negeri, kerupuk justru diterima sebagai camilan berkualitas, bukan sekadar pelengkap. Ini yang ingin kami terapkan di pasar domestik,” katanya.
UTS bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang menciptakan ruang bagi generasi muda untuk mengeksplorasi bakat mereka, sekaligus mendekatkan mereka pada produk-produk inovatif Finna. Jangan lewatkan keseruan UTS 2024 di Grand Atrium Pakuwon Mall. (Abi)
