1 Maret 2024
INFODIS.ID
INFO DAERAH

Erick Thohir Angkat Kearifan Lokal Labuan Bajo Lewat Festival Budaya di Rumah BUMN SME’s HUB

Labuan Bajo, Infodis.id – Erick Thohir sukses gelar festival budaya di Rumah BUMN SME’s HUB dengan meriah pada Jumat (12/5/2023) yang dapat didatangi masyarakat umum di Waterfront Labuan Bajo. Sebelumnya, gelaran Rumah BUMN SME’s Hub pada 9-11 Mei 2023 masih terbatas untuk delegasi dari negara-negara ASEAN mengingat acara tersebut merupakan rangkaian dari side event KTT ASEAN 2023.

Festival budaya di Rumah BUMN SME’s HUB pada hari keempat ini bertujuan untuk mempopulerkan kearifan lokal Labuan Bajo kepada masyarakat luas. Kegiatan ini meliputi prosesi penyambutan tamu spesial dan dilanjutkan dengan tari-tarian tradisional Labuan Bajo dengan melibatkan para penari profesional yang memakai kostum adat setempat.

Erick Thohir diwakili oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto menghadiri Festival Budaya Rumah BUMN ditemani Sekretaris Sekretariat Negara Setya Utama dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianis Weng. Festival budaya dimulai dengan adat Kepo Curu yaitu pengucapan kata terima kasih untuk para pemimpin. Iring-iringan bersama dengan rombongan penari kemudian melakukan prosesi Tarian Caci (Pecut/Cambuk). Susyanto kemudian berperan sebagai penyambuk memeriahkan Festival Budaya Rumah BUMN SME’s HUB.

Sebelumnya Gelaran Rumah BUMN SME’s HUB yang berlangsung selama 5 hari mendapat kunjungan langsung dari Menteri BUMN Erick Thohir pada Selasa (9/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir bertemu dan mendengarkan aspirasi para pelaku UMKM peserta Rumah BUMN SME’s HUB. Erick mengungkapkan kegiatan Rumah BUMN SME’s HUB merupakan bukti bahwa BUMN siap untuk mendorong UMKM Go Global dengan pendampingan dan juga pembiayaan termasuk juga melalui pembinaan dari Rumah BUMN.

Rumah BUMN SME’s HUB berisikan rangkaian kegiatan diantaranya Pameran UMKM, seni pertunjukan, festival musik, penampilan live DJ, berbagai performance seni tradisional dan kontemporer selama acara berlangsung, serta kegiatan peduli lingkungan/sustainability.

Kegiatan sustainability tersebut mulai dilaksanakan Kementerian BUMN bersama PlusTik sejak Minggu (7/5/2023) untuk mengumpulkan sampah yang selama ini tersebar dan berserakan di pantai Labuan Bajo dengan melibatkan millenial dari berbagai BUMN. Selain itu ada juga pelatihan untuk ibu-ibu nasabah Mekaar dalam hal mengolah sampah menjadi barang berdaya guna seperti tas, dompet, pouch dan lain-lain.

Erick Thohir berharap melalui festival budaya ini dapat mempopulerkan kearifan lokal. Selain itu, kegiatan ini dapat memicu semangat seluruh pihak untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur Indonesia khususnya Labuan Bajo. (isa)

Related posts

Antispasi Pohon Tumbang di Musim Hujan, DLH Kota Surabaya Rutin Lakukan Perantingan

Editor: [ Iskandar Pribowo ]

Pemerintah Kabupaten Pamekasan Gelar Rapat Koordinasi untuk Sosialisasi Peningkatan Jalan Masegit

Pemkot Surabaya Terjunkan 20 Dump Truck

adminredaksi