21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Gagas Mobil Bertenaga Tekanan Gas, Tim Spektronics ITS Raih Emas

Tim Spektronics ITS/Ist

Surabaya, Infodis.id – Sebagai perguruan tinggi yang selalu mencetak mahasiswa berprestasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menambah daftar panjang penghargaan yang diraih.

Kali ini, tim Spektronics ITS berhasil membawa pulang juara pertama dalam ajang Process Engineering and Energy Days Universitas Indonesia (PGD UI) 2022 kategori Creation (Chemical-Reaction Car Competition) yang berlangsung selama dua hari, mulai Jumat (11/3/2022).

PGD UI merupakan acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia UI sejak tahun 2004 yang berorientasi dalam penyelesaian permasalahan terkait energi dan industri kimia. Kegiatan ini diikuti oleh tim Spektronics ITS yang dipimpin oleh Lulu Sekar Taji dari Departemen Teknik Kimia Industri sebagai ketua dan Fauzan Agra Ibrahim dari Departemen Teknik Kimia sebagai manajer.

Sementara itu, anggota tim Spektronics yang turut berpartisipasi dalam laga adalah Bernardus Krisna Brata, Abdul Quddus Al Kahfi, dan Muhammad Rafli Revansyah dari Departemen Teknik Kimia, serta Wahyu Febianto dari Departemen Teknik Elektro. Keenam mahasiswa tersebut mempersiapkan kompetisi selama enam bulan sejak registrasi yang dilakukan pada bulan September 2021 lalu.

Dalam penjelasan yang diberikan, menurut Lulu, tim Spektronics ITS menciptakan sebuah prototipe mobil berbahan bakar reaksi kimia yang disebut sebagai Chemical Engineering Car (Chem-E-Car). Mobil berbahan bakar reaksi kimia sendiri merupakan model mobil yang menggunakan hasil dari reaksi bahan-bahan kimia sebagai tenaga penggerak.

Related posts

Pecinta Kuliner Wajib Hadir

Penanaman Pohon, Ini Pesan Bupati Tuban

adminredaksi

Bupati Hendy Dorong Bumdes Panti Prioritaskan Potensi yang Dimiliki Desa dan Masyarakat

adminredaksi