
Al Rayyan, Qatar, INFODIS.ID – Timnas Indonesia U-17 harus menelan hasil pahit pada laga perdana mereka di Piala Dunia U-17 2025. Bertanding di Aspire Zone, Al Rayyan, Selasa (4/11/2025), Garuda Muda takluk dari Zambia dengan skor 1-3.
Indonesia sempat membuka keunggulan lebih dulu di babak pertama lewat aksi Zahaby Gholy, namun keunggulan fisik dan permainan cepat Zambia pada akhirnya mengubah jalannya pertandingan.
Laga berjalan sengit sejak peluit awal dibunyikan. Garuda Muda tampil tanpa beban dan berhasil mencuri keunggulan di menit-menit awal. Zahaby Gholy menjadi pahlawan sementara dengan mencetak gol pertama yang membawa semangat bagi skuad Indonesia.
Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama. Tim “Junior Chipolopolo” Zambia perlahan mulai mendominasi dengan mengandalkan kecepatan dan staminanya yang tinggi. Tekanan demi tekanan mereka lancarkan, yang akhirnya berbuah gol penyama kedudukan sebelum turun minum.
Memasuki babak kedua, Zambia semakin menunjukkan taringnya. Kelemahan fisik pemain Indonesia mulai terlihat jelas menjadi sasaran empuk bagi para pemain Afrika tersebut. Dalam rentang waktu yang terpaut dekat, Zambia berhasil membobol gawang Indonesia dua kali, membalikkan kedudukan menjadi 1-3.
Timnas Indonesia U-17 berusaha bangkit dan menciptakan beberapa peluang, namun upaya mereka belum cukup untuk menembus pertahanan Zambia yang solid. Hingga peluit panjang wasit menandai berakhirnya pertandingan, skor 3-1 untuk kemenangan Zambia tetap tak tergoyahkan.
Kekalahan ini menjadi pelajaran berharga bagi Garuda Muda untuk bertarung di level dunia. Pelatih Bima Sakti dipastikan akan mengevaluasi pertandingan, terutama dalam menghadapi tekanan dan permainan fisik lawan.
Perhatian kini tertuju pada laga berikutnya. Timnas Indonesia U-17 dihadapkan pada tantangan yang jauh lebih berat, yaitu menghadapi raksasa sepak bola dunia, Brasil, pada Jumat, 7 November 2025. Pertandingan ini akan menjadi ujian sesungguhnya bagi semangat dan kemampuan teknis Garuda Muda untuk tetap bertahan dalam kompetisi bergengsi ini.(ery)
