21 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Gas Metan di TPA Seboro Dimanfaatkan Sebagai Sumber Energi

Probolinggo, Infodis.id – Timbunan sampah yang mengandung sampah organik yang ada di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Seboro Kecamatan Krejengan akan terurai secara anaerob dan menyebabkan timbulnya gas bio atau Land Fill Gas (LFG) yang didominasi oleh gas metana (CH4).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan gas metana yang diproduksi oleh sektor persampahan merupakan sumber emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

“Gas metana yang tidak dikelola dengan baik akan terlepas ke atmosfer dan berkontribusi pada pemasanan global,” katanya.

Menurut Joko, pemanfaatan gas metan sebagai sumber energi alternatif telah dilakukan di TPA Seboro Kecamatan Krejengan. Pemanfaatan gas metan di TPA Seboro dilakukan melalui tahapan pengumpulan gas, penyaluran gas, pemurnian gas dan pemanfaatan gas.

“Pengumpulan atau penangkapan gas metan dilakukan dengan pemasangan pipa pengumpul gas vertikal dan horisontal pada lokasi penimbunan sampah (lahan urug). Gas metan yang dihasilkan dari landfill masih bercampur dengan gas lain, sehingga harus dialirkan ke reaktor pemurnian gas,” jelasnya.

Related posts

Kuasa Hukum JE Tolak Keterangan 22 Saksi, Ini Alasannya

adminredaksi

Sub PIN Polio Putaran Kedua di Surabaya Lebihi Target Sasaran

Mahasiswa Unitomo Peserta KKN Tematik Smart Village Paparkan Konsep Tepat Guna bagi Perangkat Desa

adminredaksi