15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO NASIONAL

Gejala Omicron Mirip-mirip Flu, Harus Bagaimana Jika Mengalami Batuk-Pilek?

Jakarta, Infodis.id – Indonesia kini mencatat total 254 pasien Covid-19 varian Omicron. Kementerian Kesehatan melaporkan, sebagian besar pasien tersebut mengalami gejala berupa batuk dan pilek. Mengingat gejala infeksi Omicron amat mirip dengan pilek biasa, lantas apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala serupa?

“Mayoritas (penularan) masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri. Dari hasil pemantauan, sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk (49 persen) dan pilek (27 persen),” kata juru bicara vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi, seperti diberitakan detikhealth, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Kamis (6/1/2022).

Kepala European Society of Clinical Microbiology and Infectious Diseases dari Aarhus University Hospital di Denmark, Prof Eskild Petersen, menjelaskan infeksi varian Omicron memang menimbulkan gejala yang amat mirip dengan flu biasa. Di antaranya, berupa hidung mampet dan berair, nyeri otot, dan bersin.

“Pilek biasa dan Omicron, dalam pandangan saya, tidak mungkin untuk dibedakan,” ujarnya, dikutip dari The National News, Kamis (6/1/2022).

Related posts

Pelindo Regional 3 Capai Kinerja Positif di Tahun 2023

Mulai April 2022 Peralihan Bertahap dari TV Analog ke Digital

adminredaksi

Wali Kota Surabaya Terima Penghargaan dari Unair

adminredaksi