19 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PEMERINTAHAN

Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Kolaborasi, Komunikasi, dan Kemitraan

Malang, Ifodis.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan materi pada apel Sinergitas TNI-Polri di Daerah Latihan Kodam V/Brawijaya Sidodadi, Lawang, Kab. Malang, Kamis (12/5/2022).

Apel sinergitas ini diikuti 364 orang yang terdiri dari jajaran pejabat utama baik dari Kodam V/Brawijaya sebanyak 225 orang dan jajaran Polda Jatim sebanyak 136 orang.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah menekankan pentingnya kolaborasi, komunikasi, dan kemitraan yang kuat (strong partnership) antara TNI-Polri-Pemda. Ini amat diperlukan dalam proses percepatan pembangunan di Jatim.

“Tidak ada sukses tunggal. Sukses diraih karena sinergi, kolabroasi dan strong partnership karena yang terbangun adalah interdependensi antara satu dengan yang lain. Dengan kolaborasi dan koordinasi yang baik ini maka tantangan dan masalah yang ada di daerah bisa diselesaikan secara bersama-sama dengan efektif dan efisien,” kata Khofifah dalam Apel Sinergitas TNI Polri Tahun 2022.

Khofifah mengatakan, pentingnya tiga elemen antara TNI-Polri-Pemda tersebut sejalan dengan arahan Presiden RI kepada para Kepala Daerah se-Indonesia pada tanggal 25 Oktober 2021.

“Bapak Presiden RI menekankan pentingnya hubungan harmonis Forkopimda di daerah. Baik Gubernur dengan Kapolda, Gubernur dengan Pangdam, Gubernur dengan Kajati, dan lain-lain. Hal ini karena hubungan harmonis seperti itu akan sangat mempengaruhi tensi di daerah,” katanya.

Untuk itu, Khofifah berharap sinergitas, _strong partnership_ dan kolaborasi ini terjalin dengan baik tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga kabupaten atau kota, bahkan sampai dengan kecamatan dan desa. Hal ini karena masing-masing memiliki kekuatan, jejaring, dan energi yang akan menekankan signifikansi bagi program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, ada loyalitas tegak lurus yang harus dijaga dan ditumbuh kembangkan, yakni kepada Kepala Negara yang juga Kepala Pemerintahan tertinggi yakni Presiden RI. Seperti yang disampaikan Presiden pada arahan dalam HUT TNI 5 Oktober 2021 bahwa kerjasama TNI Polri dengan pemerintah daerah sangat penting disamping dengan kekuatan masyarakat luas.

“Ini harus terbangun dan terjalin dengan baik . Dalam suasana apapun kita membutuhkan komunikasi yang terus terbangun karena ada dinamika pergantian pimpinan di kedinasan misalnya, ada urgensi tertentu di suatu daerah , sehingga komunikasi harus terus dijaga. Sekali lagi kerjasama dan kolaborasi jadi kunci penting,” tegasnya.

Related posts

SIG Berangkatkan 600 Peserta Mudik Bersama BUMN 2023 ke Jateng dan Jatim

adminredaksi

Tak Sesuai IMB, Lahan Bongkar Muat Sayur di Pandegiling Disegel

Surabaya Urban Fight Muaythai Digelar di Sutos

adminredaksi