11 November 2025
INFODIS.ID
INFO BISNIS

Indosat Sabet Penghargaan Internasional! Bertransformasi Jadi Pionir AI di Indonesia

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison (kiri) menerima penghargaan di London (11/12/2024) bersama Rob Chambers, Managing Director Terrapinn (kanan).

Jakarta, infodis.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencapai prestasi internasional lainnya dengan memenangkan penghargaan “Transformasi Digital Terbaik” di ajang bergengsi World  Communication Awards 2024. Penghargaan ini membuktikan transformasi besar yang telah dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi ini, dari penyedia layanan konvensional menjadi pelopor teknologi berbasis AI di ekosistem digital Indonesia.

Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, secara langsung menerima penghargaan tersebut di acara di London.” Ini mencerminkan betapa visionernya Indosat dalam strategi untuk mengintegrasikan teknologi canggih serta komitmennya untuk memastikan pengalaman digital yang luar biasa bagi pelanggan.

World Communication Awards merupakan ajang penghargaan paling bergengsi di industri telekomunikasi dunia. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil melakukan inovasi dan mencapai prestasi luar biasa yang mendorong kemajuan sektor telekomunikasi.

Transformasi digital yang dilakukan Indosat mendapatkan apresiasi tinggi dari dewan juri. Melalui integrasi teknologi AI, Indosat berhasil meningkatkan efisiensi operasional, memperkaya layanan pelanggan, dan membuka peluang bisnis baru. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi pemimpin digital di Indonesia.

Vikram Sinha, President Director dan Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison mengungkapkan, “Penghargaan ini merupakan buah dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim Indosat. Kami bangga dapat diakui sebagai pionir digital di Indonesia. Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan solusi digital yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.”

Rob Chambers, Managing Director Terrapinn mengatakan, “Transformasi Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan berbasis teknologi mencerminkan visi yang berani dan eksekusi yang terarah. Strategi perusahaan yang berfokus pada kepuasan pelanggan, telah membuahkan hasil yang luar biasa, menciptakan sebuah standar baru dalam industri. Perjalanan Indosat ini menjadi contoh inspiratif bagi sektor telekomunikasi global.”

Penghargaan yang diraih Indosat ini semakin memperkuat komitmen perusahaan untuk terus berinovasi, unggul, dan berfokus pada kepuasan pelanggan. Indosat berupaya untuk melanjutkan pencapaian ini dengan menghadirkan solusi transformasi dan menetapkan standar baru bagi industri.

Transformasi yang dilakukan oleh Indosat merupakan langkah strategis perusahaan yang bertujuan untuk mengintegrasikan infrastruktur jaringan dan operasional secara menyeluruh. Inisiatif ini tidak hanya difokuskan pada pencapaian kualitas, tetapi juga pada upaya mendefinisikan ulang peran perusahaan dari penyedia telekomunikasi tradisional menjadi perusahaan berbasis teknologi.

Dengan menjadikan transformasi internal sebagai inti strateginya, Indosat berhasil menghadirkan layanan yang mengutamakan“Marvelous Experience” dengan jaringan stabil dan konsisten untuk mendorong inovasi, pertumbuhan, sekaligus secara signifikan meningkatkan standar layanan bagi pelanggan.

Salah satu pilar utama transformasi ini adalah pengembangan big data lake, sebuah repositori data pusat yang dirancang sebagai sumber data tunggal untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efisien. Indosat mengadopsi teknologi canggih untuk mengoptimalkan operasional, secara nyata mengurangi alarm kualitas layanan, serta mempercepat identifikasi dan penyelesaian. Terobosan teknologi ini telah mendefinisikan ulang efisiensi operasional dan menetapkan standar baru dalam keandalan layanan yang unggul.

Transformasi perusahaan yang berakar kuat pada kepuasan pelanggan ini, dicapai melalui pendekatan holistik dalam mengintegrasikan perbaikan di berbagai titik interaksi yang tidak hanya berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan,tetapi juga mencakup karyawan, mitra, dan citra dari brand secara keseluruhan. Dengan mengadopsi teknologi berbasis AI untuk menganalisis Quality of Experience (QoE) dan Customer Satisfaction (CSAT), Indosat mampu mengambill angkah proaktif untuk melindungi dan kepuasan pelanggan yang menjadi standar baru dalam kualitas layanan di berbagai sektor industri.  (ery)

Related posts

Timex – ORBITGear Kolaborasi Ciptakan Jam Tangan “TOTEM” Edisi Terbatas

adminredaksi

BUMD Jatim Sah Kelola PI 10 Persen di Wilayah Kerja West Madura Offshore

XL Axiata Rampungkan Pembangunan SKKL Batam – Sarawak

adminredaksi