20 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

ITS Salurkan Inovasi Air Purifier dan Masker Antiviral ke Masyarakat

Surabaya, Infodis.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menggencarkan hilirisasi produk inovasinya supaya dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Kali ini, Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS menggelar kegiatan difusi teknologi hasil produk inovasi berupa air purifier (pembersih udara) dan masker yang antiviral (antivirus and bacterial) di Kelurahan Bangunsari dan Desa Palur, Madiun.

Salah satu dosen pengembang produk tersebut, Dr Widyastuti SSi MSi menjelaskan, air purifier antiviral digunakan untuk menyaring udara pada ruangan tertutup. Hal tersebut lantaran ruangan tertutup lebih berbahaya dalam penyebaran bakteri dan virus melalui udara atau droplet jika dibandingkan dengan ruangan terbuka.

Dosen Departemen Teknik Material dan Metalurgi tersebut menyebutkan, kelebihan produk inovasinya ini karena adanya tembaga berukuran nano dalam lapisan penyaring. Teknologi tembaga nanopartikel tersebut membuat air purifier memiliki kemampuan dalam membunuh jamur, bakteri, dan virus, selain untuk menyaring debu.

“Sehingga udara yang keluar bisa dipastikan benar-benar bersih,” ungkapnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Jumat (24/12/2021).

Related posts

2024 IPM Bojonegoro Dirediksi Capai Angka Tertinggi

adminredaksi

Percepat Pembayaran Pajak, Langkah Pelindo Dukung Pembangunan Daerah

adminredaksi

Lestarikan Permainan Tradisional, Mahasiswa PCU Bikin Festival Mandaka 2023