1 Maret 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PEMERINTAHAN

Kampanye Cakades di Probolinggo Dilakukan Secara Virtual, Untuk Menghindari Kerumunan

Probolinggo, Infodis.id – Pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh calon kepala desa (cakades) di 250 desa se-Kabupaten Probolinggo dilakukan secara virtual, Rabu hingga Jumat (9-11/2/2022).

Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan sehubungan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Penataan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Nur Rachmad Sholeh mengatakan tahapan kampanye Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 oleh semua cakades dilakukan secara virtual. Dimana isinya cakades menyampaikan visi dan misi yang akan dilakukan ketika terpilih sebagai kepala desa.

“Biasanya penyampaian visi dan misi calon kepala desa ini dibuat dalam bentuk video oleh panitia pemilihan desa. Selanjutnya masyarakat menyaksikan visi misi tersebut dengan tetap tidak boleh berkerumun,” katanya.

Menurut Rachmad, dalam tahapan kampanye ini juga ada masyarakat sebagai pemilih yang mendatangi rumah cakades. Momentum ini biasanya dimanfaatkan oleh cakades untuk menyampaikan visi dan misinya.

“Biasanya calon kepala desa ini melakukan open house dan masyarakat dipersilahkan untuk datang ke rumahnya. Tetapi hal ini tetap ada pembatasan dan jangan sampai ada kerumunan. Masyarakat yang bertamu ke rumah calon kepala desa dibatasi maksimal 10 orang. Jadi dibuat bergelombang dan masyarakat yang mau datang harus bergantian,” jelasnya.

Related posts

Berkat Bunga Desa, Dispendukcapil Banyuwangi Terus Bertahan di Level 4 Pelayanan Adminduk

adminredaksi

Pemkab Banyuwangi Gelar Musrenbang Perempuan, Anak, dan Penyandang Disabilitas

adminredaksi

Bank Jatim MoU KUB dengan Bank Lampung