25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Kasus Covid-19 Dua Pekan Terakhir di Kota Malang Didominasi Tanpa Gejala

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif/malangkota

Malang, Infodis.id – Karakteristik Covid-19 yang bertambah cukup signifikan pada dua pekan terakhir di Kota Malang didominasi kasus asimptomatik atau tanpa gejala. Hasil temuan di lapangan, 90 persen tanpa gejala sehingga penanganannya diutamakan isolasi mandiri (isoman).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr. Husnul Muarif saat menghadiri peluncuran Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang, Kamis (3/2/2022).

“Pendekatan penanganan terhadap kasus Covid-19 tanpa gejala dioptimalkan, tentu dengan mengikuti ketentuan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022, yakni isoman selama 10 hari,” ujar dr. Husnul Muarif.

Dia meminta masyarakat yang harus menjalani isoman agar tetap disiplin. Sehingga ruang gerak penyebaran kasus bisa dipersempit. Selain itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan terus mengoptimalkan proses testing, tracing, dan treatment (3T) bersama puskesmas, TNI/Polri, kecamatan, dan kelurahan, hingga RT/RW.

“Sejumlah klaster tempat pendidikan dan tempat kerja yang sempat muncul di Kota Malang seluruhnya telah direspons dengan penanganan sesuai prosedur. Meningkatnya kasus di Kota Malang, salah satunya karena kinerja surveilans di lapangan, kemudian testing dan tracing semakin baik,” imbuhnya.

Related posts

Dukung Penuh Kebijakan Kemenkes, Gubernur Khofifah Pastikan Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Bagi Nakes Jatim Segera Dimulai

adminredaksi

Amankan Pasokan Listrik Jelang Tahun Baru 2024, UPT Gresik Sigap Lakukan Pekerjaan Emergency

Bupati Ipuk Dorong Pembangunan Infrastruktur Jalan Secara Bertahap

adminredaksi