25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Kota Malang Terpilih Jadi Salah Satu Nominasi PPD Tahun 2022

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memaparkan kondisi Kota Malang/malangkota

Malang, Infodis.id – Kota Malang terpilih menjadi salah satu nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Republik Indonesia bersama 14 kota dan 16 kabupaten lainnya.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memaparkan kinerja dan inovasi perencanaan pembangunan Kota Malang, dalam proses presentasi dan wawancara penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022 secara virtual kepada tim penilai pusat di Ngalam Command Center (NCC), Rabu (16/3/2022).

Dalam sesi presentasi dan wawancara tersebut, Sutiaji menyampaikan pencapaian pembangunan daerah dalam pertumbuhan ekonomi Kota Malang. Di mana ekonomi Kota Malang tumbuh signifikan dari -2,26% pada tahun 2020 menjadi 4,21% di tahun 2021.

“Kita punya strategi percepatan seperti dalam penanganan pandemi, yaitu Malang Beli Produk Lokal (Malpro), Malang Berbagi (Malber), Malang Herbal (Malherb), Malang Digital Service (Maldis) dan golnya adalah Malang Bahagia (Malba),” paparnya.

Komitmen Pemkot Malang memulihkan dan membangun ekonomi salah satunya dengan melakukan revitalisasi pasar tradisional, tidak hanya fisik namun nonfisik dengan berbagai program seperti Sepasar Pedas, e-retribusi, gerakan sobo pasar dan lainnya. Secara komparatif, rangking tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kota Malang tahun 2021 di Provinsi Jawa Timur membaik. Di mana turun dari rangking tertinggi pertama menjadi ketiga yang artinya ada pengurangan.

“Kemiskinan di Kota Malang pada tahun 2021 terendah nomor dua di Jawa Timur. Dengan indeks pembangunan manusia (IPM) tertinggi kedua se-Jatim. IPM tersebut terus meningkat di tengah pandemi. Ada program beasiswa untuk siswa dan mahasiswa serta anak yatim. Pembangunan tiga SMP negeri baru, stimulasi One RW One hafiz,” jelasnya.

Related posts

Lewat Program Co-Firing, PJB Sinergi dengan Pemkab Indramayu

adminredaksi

PJB Gandeng Pemkab Sidoarjo Dalam Penyediaan Bahan Bakar Jumputan Padat

adminredaksi

Modus Penipuan Penyewaan Kos Marak, Mamikos Beri Tips Pencegahan