21 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Mahasiswa ITS Bantu Rehabilitasi Pasien Pasca Stroke Melalui Reagtife

Surabaya, Infodis.id – Sejauh ini, kegiatan rehabilitasi bagi pasien pascastroke yang bersifat respon aktif masih jarang ditemukan. Hal inilah yang melatarbelakangi tiga mahasiwa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk membuat Reagtife, alat bantu rehabilitasi berupa permainan berbasis augmented reality bagi pasien pascastroke.

Mereka adalah Khusnul Khotimah, Dhiny Hari Utama, dan Naufal Jody Manra yang merupakan mahasiswa Departemen Teknik Biomedik ITS yang tergabung dalam Tim Reagtifity.

Kolaborasi mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019 ini berhasil menemukan terobosan baru dalam membantu rehabilitasi pasien pascastroke, yaitu memadukan sistem Functional Electrical Stimulation (FES) dengan permainan augmented reality sederhana.

Penyakit stroke menyebabkan penderitanya mengalami penurunan fungsi motoric, sehingga diperlukan rehabilitasi yang intensitasnya terkontrol. Namun saat ini, alat bantu rehabilitasi yang beredar cenderung membebani dari segi ekonomi dan psikologis penderita stroke.

“Permainan augmented reality dalam terobosan kami ini diharapkan dapat mempermudah rehabilitasi pasien,” ujar Khusnul Khotimah, ketua tim, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Kamis (10/3/2022).

Related posts

Lewat Bisnis Plan Raja Cimol Jeletot Mesem, Tiga Mahasiswa FEBTD Unusa Raih Juara 3 Busniess Plan Competition

adminredaksi

Andalkan Operational Excellence, SBI Pertahankan Kinerja di Tengah Krisis Energi

adminredaksi

Tren Lensa Telefoto akan Melonjak di Tahun 2024, OPPO Reno11 Series 5G Siap Pimpin Tren Fotografi Mobile

Editor: [ A Fikri Pribowo ]