25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Mahasiswa ITS Inovasikan Energi Listrik dari Limbah Jerami dan Lumpur

Penelitian tim/Ist

Surabaya, Infodis.id – Sampai saat ini jerami padi dan luapan lumpur Sidoarjo masih dipandang sebagai sesuatu yang mendatangkan permasalahan lingkungan, padahal keduanya mengandung bakteri yang menguntungkan.

Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menginovasikan energi listrik dari limbah jerami dan lumpur Sidoarjo yang saat ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Indonesia sebagai negara agraris memiliki lahan pertanian padi sangat luas, sehingga limbah jerami padi yang dihasilkan pun sangat melimpah. Limbah jerami sendiri sebenarnya mengandung selulosa cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan kembali, namun di Indonesia pemanfaatannya belum maksimal.

“Kandungan selulosa ini dapat diproses menjadi energi listrik ramah lingkungan menggantikan energi listrik berbahan bakar fosil,” terang Ketua tim, Qurratul Ain Farahiyah, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Kamis (30/12/2021).

Dalam penelitiannya, gadis yang kerap disapa Fara ini menjelaskan bahwa limbah jerami digunakan sebagai sumber karbon pada proses Microbial Fuel Cell (MFC). Yakni metode yang digunakan untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik melalui metabolisme mikroba terhadap suatu media sebagai katalis.

“Metode ini mentransfer elektron dari anoda melalui copper wire, kemudian menghasilkan arus listrik menuju katoda,” jelas mahasiswa Departemen Teknik Kimia ITS ini.

Related posts

Pecinta Vespa Jangan Sampai Ketinggalan, Vespa Batik Hadir di Surabaya

adminredaksi

Perkuat Sinergi, ITS Teken MoU dengan Unisma

adminredaksi

Hadapi Bonus Demografi, Wali Kota Eri Gerakkan Padat Karya hingga Gandeng Perusahaan Swasta