20 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Mahasiswa ITS Usung Ide Bisnis Abon dari Kulit Pisang

Surabaya, Infodis.id – Abon berbahan dasar daging tentu sudah lazim dijumpai, tapi bagaimana dengan abon dari kulit pisang? Inilah ide inovasi produk makanan yang ditawarkan tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Memiliki efek anti depresi, abon kulit pisang ini dikenalkan dalam berbagai rasa yang enak.

Fadhila Rosyidatul ‘Arifah, ketua tim menerangkan bahwa timnya memilih kulit pisang sebagai bahan baku abon dikarenakan melihat banyaknya penumpukan sampah kulit pisang sisa industri makanan berbahan baku pisang.

“Kami melakukan seleksi terhadap kulit pisang yang akan digunakan sehingga memiliki nutrisi yang baik, masih segar, dan layak diolah,” jelas Fadhila, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi INFODIS, Jumat (13/5/2022).

Mahasiswa Departemen Teknik Material dan Metalurgi ini juga mengungkapkan alasan lain memilih kulit pisang sebagai bahan baku. Menurutnya, kulit pisang diketahui mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah serotonin.

“Kandungan yang disimpan dalam bentuk vitamin B6 ini sendiri mampu mengurangi efek depresi,” ungkapnya.

Untuk menggaet target pasar yang lebih luas, tim yang menamakan usahanya S&S Abon ini menginovasikan abon kulit pisang dengan berbagai rasa. Adapun rasa yang tersedia yaitu coklat, red velvet, matcha, rumput laut, ayam, sapi, dan ikan bakar.

“Dengan banyaknya rasa yang tersedia, S&S Abon diharapkan mampu bertahan dengan banyaknya selera konsumen,” ujarnya.

Related posts

BNN Tangkap Sejumlah PNS di Aceh Besar Saat Pesta Narkoba

adminredaksi

Gubernur Khofifah Tekankan Peran Guru Dalam Peningkatan Kualitas SDM Bangsa

adminredaksi

Jelajah Desa Wisata Teluk Harapan, Mulai Menyelam, Susur Gua hingga Kuliner

adminredaksi