16 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO KULINER

Menarik, Buka Puasa ala Kampung Kauman di Surabaya Suite Hotel

Surabaya, Infodis.id – Ada yang menarik di bulan Ramadan tahun ini, buka puasa ala Kampung Kauman dihadirkan di Surabaya Suite Hotel.

General Manager Surabaya Suite Hotel Firman S Permana mengatakan, Seperti yang kita ketahui, hampir di setiap daerah di Indonesia, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, memiliki daerah bernama Kauman.

Pada mulanya, Kauman merupakan kompleks pemukiman yang terletak di wilayah keraton dan biasanya ditinggali oleh para abdi dalem yang mengurusi seputar urusan keagamaan. Pada umumnya, kampung ini terletak di dekat masjid agung dan alun-alun.

“Sejarah panjang Kampung Kauman berasal dari Kampung Kauman Surakarta. Disebut sebagai Kampung Kauman tertua, bersamaan dengan dibangunnya Masjid Agung Surakarta pada tahun 1757. Kemudian berkembang ke Yogyakarta, yang lantas semakin berkembang ke berbagai daerah,” kata Firman usai launching menu Buka Puasa di Surabaya Suite Hotel Senin (21/3/2023)

Lebih lanjut dikatakannya, pada bulan Ramadhan kali ini , Surabaya Suites Hotel mengangkat tema Kauman sebagai tema utama, dengan menyertakan kuliner-kuliner unggulan dari setiap daerah.

Ada 8 tema Kauman yang diangkat selama bulan Ramadhan di antaranya, Kauman Gerbangkertasusila, Kauman Yogyakarta, Kauman Semarangan yang mencakup area Semarang, Salatiga dan Wonosobo, Kauman Jawa Timuran yang mencakup area Tulungagung, Blitar, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo dan Bojonegoro, Kauman Tapal Kuda yang mencakup Pasuruan, Bangil dan Malang, Kauman Surakarta, Kauman Pesisir Kulon yang mencakup Pekalonga, Batang dan Pemalang, dan Kauman Pesisir Wetan yang mencakup Kudus, Pati dan Jepara.

“Tentunya juga akan ada berbagai macam menu khas dari setiap daerah tersebut yang akan berganti setiap harinya. Hanya dengan harga early bird sebesar IDR 99.000, pengunjung sudah dapat menikmati berbagai menu yang sudah disediakan” ujarnya

Selain menu Kauman Iftar, Surabaya Suites Hotel juga mengadakan pameran lukisan sepanjang total kurang lebih 40 meter, dilukis oleh kurang lebih 20 pelukis local Surabaya dengan koordinator Budi Bi dan Te Kamajaya, masih mengangkat tema seputar Kauman. Lukisan-lukisan ini dapat dinikmati di area Café Taman, Surabaya Suites Hotel, selama bulan Ramadhan. (joo/isa)

 

Related posts

Terapkan Performance Management System, 99,8 Persen Karyawan Bank Jatim Merasa Engaged

Di Wisata Bahari Tlocor, Kapolresta Sidoarjo Imbau Masyarakat Selalu Terapkan Prokes

adminredaksi

Bakal Dibangun Museum dan Replika Mobil AWS Mallaby di Taman Sejarah