21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PARIWISATA

Menilik Keindahan Pesona Desa Wisata Ranupani yang Berhasil Sabet ADWI 2021

Desa Wisata Ranupani /Net

Lumajang, Infodis.id – Desa Wisata Ranupani berhasil menyabet juara kedua desa terbaik kategori homestay di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Desa ini berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dikutip dari laman Jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, Kamis, 6 Januari 2022, Desa Wisata Ranupani berada di ketinggian 2.100 mdpl. Ranupani menjadi desa terakhir menuju pendakian Gunung Semeru.

Desa ini menjadi destinasi wisata wisatawan dalam dan luar negeri. Terletak di kaki Gunung Semeru, mayoritas masyarakatnya Ranupani merupakan Suku Tengger, suku keturunan Kerajaan Majapahit.

Ranupani memiliki kekayaan alam dan budaya yang jadi daya tarik. Salah satu atraksinya adalah Tradisi Ujung Tengger, yakni tradisi perang dengan rotan sebagai alat pertunjukan dan diiring musik tradisional.

Ada pula kesenian Bantengan, seni tradisional yang memadukan sendratari, musik, kanuragan, hingga mantra yang kental bernuansa magis. Wisatawan juga bisa menyaksikan kesenian Kepangan, sejenis tarian kuda lumping.

Related posts

Sukseskan Satu Abad NU, SIER Kirim Tim Kesehatan

adminredaksi

Mahasiswa Unusa Dampingi Petani Olah Pisang

adminredaksi

Erick Thohir Resmi Jadi Ketum PSSI

adminredaksi