1 Maret 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Optimalkan Sistem Administrasi dan Informasi Desa, Dosen UNESA Kembangkan Aplikasi E-monografi

Aplikasi E-monografi/Ist

Infodis.id – Guna mengoptimalkan sistem administrasi kependudukan di desa, lima dosen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kembangkan aplikasi E-monografi atau Emonografidesa.com. Aplikasi tersebut diterapkan di Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo pada 2 Februari 2021.

Sebelum diterapkan, para perangkat desa tersebut diberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi, mulai dari registrasi akun, mengisi profil desa hingga entri data.

Emonografidesa.com merupakan hasil riset tim dosen yang terdiri dari Indah Prabawati, Badrudin Kurniawan, Galih W. Pradana, Deby Febriyan Eprilianto dan Muhammad Fariz Zarvan.

Indah Prabawati menjelaskan, pada Rabu, 9 Februari 2022 bahwa aplikasi yang mereka rancang itu untuk menjawab persoalan sistem administrasi kependudukan di desa. Aplikasi itu memiliki sejumlah keunggulan, a) menyusun data secara otomatis dan informatif, b) membantu mengembangkan data desa secara teratur dan akurat, c) penyusunan data dilengkapi dengan sistem perhitungan yang cepat, akurat dan sistematis.

Pewajahan aplikasi terdiri dari beranda, keunggulan, desa pengguna dan testimoni. E-monografidesa selain digunakan di Kedung Peluk, juga diterapkan di Desa Japanan Jombang, Desa Kedung Baruk Surabaya dan Sumberboto Kediri.

Adapun data yang terakomodasi meliputi; pertama, data umum yang terdiri dari demografi umum, kategori umur dan pekerjaan penduduk. Kedua, data sosial yang terdiri dari kesehatan, pendidikan, modal sosial, pemukiman, sanitasi dan akses listrik. Ketiga, data ekonomi yang meliputi produktivitas masyarakat dan aktivitas masyarakat desa. Keempat, peraturan desa. Kelima, perangkat desa. Keenam, galeri desa (foto dan dokumentasi).

Galih W. Pradana berharap aplikasi itu bermanfaat bagi perangkat desa dalam meningkatkan kualitas sistem pelayanan dan administrasi di desa. Sembari melakukan sosialisasi dan pelatihan, pihaknya akan terus mengembangkan aplikasi tersebut baik dari perwajahan hingga fitur-fiturnya berdasarkan kebutuhan dan masukan dari para user.

Kepala Desa Kedung Peluk, M. Madenan menyambut baik sosialisasi dan penerapan E-monografidesa.com. Menurutnya, aplikasi tersebut sangat praktis bagi perangkat desa. Selain itu dapat membantu dalam mengamankan, menyimpan, mengelola dan menyediakan data yang mudah diakses masyarakat. (isa)

 

Related posts

Komunitas Musik Jazz Hibur Pengunjung dan Penumpang Kereta Api Stasiun Surabaya Gubeng

adminredaksi

Gandeng BUMN, Faisol Riza Bantu Perpustakaan Digital untuk Dua SMK di Probolinggo

PLN – Baharkam Polri Sinergi Amankan Infrastruktur Listrik KTT ASEAN di Labuan Bajo

adminredaksi