21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO HUKUM & KRIMINAL

Pakar: Konten Lecehkan Wartawan yang Diunggah Bos Mafia Gedang Harus Diproses Hukum

Pakar Hukum, Muhammad Sholeh/Sugiantoro-INFODIS

Surabaya, Infodis.id – Menanggapi kegaduhan akibat konten tak pantas yang diungggah oleh Bos Mafia Gedang Royhan Ni’amillah diduga melecehkan profesi wartawan lewat akun TikToknya @masroyganteng pada Kamis (12/5/2023) malam. Pakar Hukum sekaligus Pengacara, Muhammad Sholeh mengatakan, harus diproses hukum, perbuatan pelecehan profesi di Mmedia sosial bisa dilaporkan dan bisa dipidana.

“Konten seperti ini jika bukan fakta, maka ini pelecehan profesi. Pembuatnya bisa dilaporkan dengan UU ITE dan UU No 1 Tahun 1946, tentang menyiarkan berita bohong, seperti dalam kasus Ratna Sarumpet,” jelas Muhammad Soleh saat dihubungi via telepon, Jumat (12/5/2023).

Dengan tegas dikatakan, kasus seperti ini harus diproses hukum supaya menjadi pelajaran agar tidak menjadu guyonan yang seakan akan itu adalah fakta.

Diberitakan sebelumnya, sekira pukul 22.06 WIB, Kamis (11/5/2023) beberapa group Whatssapp (WA) gaduh, pasalnya beredar konten tak pantas yang diungggah oleh seorang influencer Surabaya. Dalam konten tersebut, Bos Mafia Gedang Royhan Ni’amillah diduga melecehkan profesi wartawan lewat akun TikToknya @masroyganteng.

Sementara itu, (baca: Unggah Video Minta Maaf, FKA UKW Tetap Laporkan Mafia Gedang Surabaya ke Polda Jatim), meski Roy telah mentakedown dan mengupload video permintaan maaf, Forum Komunikasi Alumni (FKA) Uji Kompetensi Wartawan (UKW) melaporkan akun Tiktok @masroyganteng*. Pelaporan terhadap akun tersebut dilakukan karena mengupload konten yang diduga melecehkan profesi wartawan/jurnalis.

“Sekitar jam 14.00 Wib akan melaporkan kasus ini ke Polda Jatim. Kita semua yang menyandang profesi wartawan sangat merasa dilecehkan oleh oknum wartawan tersebut, itu karena akun Tiktok dia (@masroyganteng* itu yang memicu kita yang berprofesi sebagai wartawan ingin membungkam mulutnya. Karena profesi wartawan profesi mulia,” kata Ketua Umum FKA UKW Edi Tarigan. (joo/isa)

Related posts

Pemkab Sidoarjo Dukung Pemprov Jatim Gelar Pasar Murah Minyak Goreng

adminredaksi

Ratusan Sapi Terjangkit PMK, Pemkab Sidoarjo Bersama Polisi dan TNI Tutup Pasar Sapi Serta RPH

adminredaksi

Jelang Puncak Ibadah Haji, Bupati Ipuk Sambangi Jamaah asal Banyuwangi

adminredaksi