15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNIS

Pandemi, Simpanan Nasabah di Bank Umum Naik 12,06 Persen, ini Pemicunya

Surabaya, Infodis.id – Selama pandemi Covid-19, LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan mencatatl simpanan masabah di bank umum naik 12,06 persen atau Rp800,4 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY).

Pada Januari 2022, simpanan bank umum menjadi sebesar Rp7.439 triliun. Kenaikan ini dipicu perilaku masyarakat dalam menyimpan dana mereka selama pandemi COVID-19 yang melanda dua tahun terakhir.

“Pandemi membuat prilaku masyarakat berubah, banyak menyimpan dananya di bank secara keseluruhan. Data LPS jumlah rekening dengan saldo kurang dari Rp2 miliar meningkat 26 persen (YoY) atau 91,73 juta rekening. Sedangkan jumlah rekening dengan saldo lebih dari Rp2 miliar atau meningkat 6,38 persen (YoY) atau naik 19 ribu rekening,” terang Sekretaris LPS, Dimas Yuliharto, dalam media gathering bersama Jurnalis Surabaya,Selasa (29/3/2022) malam.

Masih kata pria berkacamata ini, bisa jadi kesadaran masyarakat memanfaatkan jasa perbankan meningkat.

“Bisa dari kalangan pelajar sekolah menengah yang mereka mulai masuk berinvestasi, sehingga mereka membutuhkan rekening perbankan, ataupun masyarakat menengah bawah yang makin butuh rekening bank untuk menyimpan dananya,” ungkapnya.

Related posts

HUT Pertama, Kenangan Heritage Peroleh Penghargaan Jakarta Tourism Award 2022

adminredaksi

Bupati Anna Ajak Masyarakat Lebih Kreatif Mengolah Bahan Pangan Lokal

adminredaksi

Muskerwil PWNU Jatim, Gubernur Khofifah Sebut NU Miliki Potensi Besar Terhadap Kebangkitan Ekonomi Umat

adminredaksi