21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Panel Solar Cell yang Dipasang di Balai Kota, Hasil Karya Arek Suroboyo

Surabaya, Infodis.id – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menargetkan Kota Pahlawan menempatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai tulang punggung energi ramah lingkungan. Langkah ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Pusat untuk mencapai target netralitas karbon pada tahun 2060.

Sebagai langkah awal dan percontohan, EBT berupa panel solar cell dengan kapasitas 2000 wp, mulai dipasang di atap Balai Kota Surabaya, Kamis (20/1/2022). Menariknya, teknologi solar cell dengan sistem on grid ini, merupakan hasil karya arek-arek Suroboyo di bawah bimbingan langsung Rektor Universitas Surabaya (UBAYA), Benny Lianto.

Wali Kota Eri Cahyadi meyakini, ketika hasil karya talenta-talenta muda Kota Pahlawan dimunculkan, maka akan lebih banyak lagi entrepreneur-entrepreneur baru yang bisa menjual dan memasarkan teknologi serupa.

“Ini akan membuka lapangan pekerjaan baru dan ini sudah dibuktikan dan dipasang. Di bawah juga ada alat yang memantau berapa pembayaran listrik sebelum dan sesudah ketika berintegrasi dan kolaborasi dengan solar tadi,” kata Wali Kota Eri di Balai Kota Surabaya, Kamis (20/2/2022).

Dengan demikian, dia juga berharap, ke depan seluruh investasi di Surabaya ketika membangun perumahan atau gedung bertingkat, juga memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan. Salah satunya yakni, bisa menghemat listrik, menghemat air, serta mengurangi penggunaan lampu dengan model kaca.

“Ini yang akan kita lakukan dan kita bahas,” katanya.

Related posts

LaNyalla Nilai APBN Makin Tak Berdaya Tanggung Tugas Negara Akibat Perubahan Konstitusi

adminredaksi

Gubernur Khofifah Berharap Jatim Fair 2022 Mampu Memotivasi Pelaku UMKM Bangkit

adminredaksi

Pelindo Sub Regional Jawa Gelar Pelatihan Basic Life Support

adminredaksi