25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PENDIDIKAN

Panji Jawa Timur, Tema Batik Tulis Hasil Kolaborasi Ubaya dengan Pengrajin dan Deskranasda

Ilustrasi/Net

Surabaya, Infodis.id – Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) berkolaborasi dengan pengrajin batik di 38 kota / kabupaten dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur berhasil menciptakan karya batik tulis bertema cerita Panji Jawa Timur.

Dekan Fakultas Industri Kreatif Ubaya serta Ketua Tim Peneliti, Prof Ir Markus Hartono, mengatakan, kolaborasi ini merupakan Hibah Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) yang diterima FIK Ubaya dengan tajuk ‘Simbolisme dan Nilai Cerita Panji Jawa Timur pada Ragam Hias Jawa Timur’ dilaksanakan di Seminar Room Gedung International (HI) Kampus II Ubaya Tenggilis jalan Raya Kalirungkut Surabaya, Rabu (19/1/2022).

“Motif baru ini muncul dari karya mahasiswa dan dosen FIK Ubaya yang dikolaborasikan dengan karya pengrajin melalui motif kearifan lokal,” ungkapnya.

Kisah Panji adalah kisah tradisional dari Jawa Timur yang berlatar zaman Kediri yang kemudian menyebar ke daerah di Nusantara, meliputi seluruh Jawa dan Bali, Nusa Tenggara, dan berbagai daerah Sumatra. Sedangkan di mancanegara, cerita Panji juga sempat terdengar di wilayah Asia Tenggara, khususnya Thailand, Kamboja, dan Myanmar.

“Diwarnai dengan niatan tulus untuk memberikan sumbangsih dalam eksplorasi cerita Panji Jawa Timur,” tambah Prof. Markus sapaan di kampus.

Related posts

Permudah Pembayaran Pajak, Bank Jatim Gandeng Pemkab Lamongan Launching E-BPHTB dan E-SPTPD

adminredaksi

Perbesar Peluang Pasar, KKN ITS Dorong Warga Masuki Digital Marketing

adminredaksi

KONI Jatim Segera Siapkan Diri Menuju Porprov VIII

adminredaksi