15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNISINFO DAERAH

Pasar Pekauman Jadi Pilot Projects Transaksi Menggunakan QRIS

Sidoarjo, Infodis.id – Pasar Pekauman yang terletak di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sidoarjo, menjadi pilot projects transaksi menggunakan QR Code Indonesia Standard (QRIS).

“Digitalisasi di berbagai sektor kini tidak bisa lagi dihindari. Kita harus cepat beradaptasi dengan hal tersebut. Karenanya kami di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus juga mendorong digitalisasi di beberapa sektor utama seperti perdagangan agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bersama seperti peredaran uang palsu dan sebagainya,” jelas Bupati Sidoarjo, Muhdlor,Jumat (24/12/2021).

Peralihan transaksi dari tunai ke non tunai memang memerlukan waktu, terutama terkait edukasi kepada pedagang dan pembeli mengenai cara transaksi digital. Karenanya, pemkab akan meminta bantuan dari BI sebagai regulator maupun perbankan sebagai pelaksana di lapangan untuk terus bersama-sama Pemkab Sidoarjo memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Dulu sewaktu pertama kali transaksi pembayaran tol menggunakan uang elektronik banyak yang mengeluh, namun dengan edukasi terus menerus kini semua bisa melakukannya tanpa hambatan. Kita ingin transaksi di pasar tradisional juga bisa seperti ini nantinya. Selain di Pasar Pekauman ini, kita akan kloningkan ke pasar-pasar yang lain, termasuk sektor lain seperti parkir, pajak, Bumdes dan sebagainya,” tuturnya.

Related posts

Dikukuhkan Penggerak Pesepeda, Ini Tujuannya

adminredaksi

Sukses Jalankan Transformasi Perusahaan, Dirut PLN Dianugerahi Penghargaan Internasional

Tempat Wisata Menarik di Sekitar Mandalika, Mulai Pantai Seger hingga Pantai Gerupuk

adminredaksi