25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Peduli Semeru, ITS Salurkan Bantuan Perlengkapan Sekolah

Peyaluran bantuan perlengkapan sekolah/Ist

Surabaya, Infodis.id – Masih menyikapi bencana erupsi Gunung Semeru, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui proyek kemanusiaan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS dan Yayasan Manarul Ilmi (YMI) ITS terus berupaya kolaborasi dengan berbagai lembaga di Keluarga Mahasiswa (KM) ITS untuk membantu warga yang terdampak.

Salah satunya melalui ITS Tanggap Bencana Program Peduli Semeru berupa penyaluran perlengkapan sekolah di pengungsian, Senin (27/12/2021).

Lalu Muhamad Jaelani ST MSc PhD, Kasubdit Pengabdian kepada Masyarakat DRPM ITS menyampaikan, Program Peduli Semeru kali ini dilakukan dengan memberikan fasilitas belajar berupa perlengkapan sekolah untuk anak-anak di wilayah penyaluran Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Perlengkapan sekolah yang disalurkan berupa 200 tas sekolah, 200 lusin buku tulis, 200 buah pulpen, 200 buah penggaris dan 300 baju daster.

Selain memberangkatkan mahasiswa relawan dari ITS, program ini melibatkan kolaborasi dengan berbagai lembaga di KM ITS seperti Ikatan Alumni Teknik Kimia ITS (Altekimits), Ikatan Keluarga Alumni ITS Qatar (IKA ITS Qatar) dan Alumni ITS di PT Toyota.

“Pemenuhan perlengkapan sekolah ini merupakan program Peduli Semeru yang telah memasuki kloter keempat,” ungkap dosen Teknik Geomatika ini, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Rabu (29/12/2021).

Kamil Mukhtar, Penanggung Jawab dari YMI ITS menambahkan, pada kloter pertama bantuan yang diberikan berupa tim evakuasi, sembako, dan pembangunan dapur umum dengan fokus untuk memenuhi kebutuhan pangan para pengungsi.

“Sehingga sejak 5 Desember lalu, dapur umum YMI ITS di Desa Supiturang, Pronojiwo mampu terus menyuplai 200 porsi per hari bagi relawan dan pengungsi Semeru,” jelasnya.

Related posts

SIG Dukung Natal Bersama Kementerian BUMN, Perkuat Fundamental dengan Harmoni untuk Lanjutkan Transformasi

Hari Perempuan, Gojek Perkuat Komitmen untuk Ciptakan Ruang Publik Aman

adminredaksi

Berbagai Daerah Kembangkan Potensi Energi Bersih Lokal, PLN Serap Hingga 37,7 MW Listrik dari Sampah dan Minihidro