25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO NASIONAL

Pemilu 2024 Mendekat, Penglibatan Milennial dan Gen-Z dalam Politik Makin Urgen

Ilustrasi/Net

Jakarta, Infodis.id – Genderang pesta demokrasi akbar lima tahun sekali di Indonesia semakin berbunyi kencang. Saling sahut antar politisi menyambut Pemilu 2024 mewarnai diskusi publik, mulai dari aturan pemilu, hasil survey, hingga kebijakan publik yang berbungkus motif politik.

Bahasan mengenai posisi generasi muda dalam politik menarik untuk disorot. Mendominasi setengah jumlah pemilih pada Pemilu 2024 nanti, 80 juta orang muda berusia 17-35 tahun seringkali diposisikan sebagai objek ketimbang subjek dalam proses kebijakan publik. Padahal, generasi muda inilah yang menjadi motor penting penggerak pembangunan nasional yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Guru Besar Universitas Indonesia dan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia Periode 2019-2021 dalam pembukaan acara Policy Fest (11/12) sempat menyebutkan, ketika berbicara visi Indonesia 2045 atau Indonesia Emas 2045, kita tahu ketika negara menginjak 100 tahun kemerdekaan akan banyak pertanyaan apakah negara tersebut sudah berhasil memenuhi sebagian besar harapan masyarakat.

“Ketika membicarakan bagaimana transformasi kebijakan publik yang menjadikan indonesia naik kelas ke negara maju berpendapatan tinggi, mau tidak mau akan melibatkan generasi muda yang diharapkan menjadi pilar transformasi agar negara kita bisa keluar dari jebakan kelas menengah,” melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Selasa (28/12/2021).

Related posts

Dukung Pengembangan Pemberdayaan Perempuan, CEO XL Axiata Sambangi Workshop UMKM

adminredaksi

Kompetisi dan Festival Film Pendek SOS 2023: Ajang Kreativitas Anak Muda dalam Memerangi Hate Speech

Pantau Lokasi Banjir Bandang, Ketua Komisi VI DPR RI Langsung Hubungi Dirut PLN Jawa Madura dan Bali, Juga Minta Telkom Segera Perbaiki Jaringan

adminredaksi