Pemkot-FIB Unair Bersama Komunitas Sejarah Kenalkan Ensiklopedia Kearifan Lokal Surabaya

oleh -664 Dilihat
Foto/surabaya.go.id

Surabaya, Infodis.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) menerima penyerahan 10 Naskah Entri Ensiklopedia Kearifan Lokal Surabaya dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair).

Penyerahan naskah ensiklopedia tersebut, secara simbolis berlangsung di Siola Convention Hall Lt. 4 Surabaya, Selasa (28/12/2021).

Dalam proses penyusunan ensiklopedia tersebut, Dispusip Surabaya rupanya tak hanya bersinergi bersama FIB Unair. Tetapi, juga berkolaborasi dengan komunitas pemerhati sejarah hingga elemen masyarakat. Di antaranya adalah Komunitas Begandring dan Roode Brug Soerabaia.

Kepala Dispusip Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi mengungkapkan, bahwa ide awal tercetusnya ensiklopedia ini didasari karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui potensi-potensi kearifan lokal yang ada di Surabaya. Ini juga dilakukan agar masyarakat maupun aparat di wilayah setempat dapat melindungi potensi kearifan lokal tersebut.

“Kita awalnya punya ide menyusun kearifan lokal berbasis di kecamatan, supaya ada yang melindungi mulai dari masyarakat sampai aparat, camat dan sebagainya. Kemudian kita bertemu Unair, dan akhirnya kita buat ensiklopedia,” kata Musdiq.

No More Posts Available.

No more pages to load.