Program Pelangi Digelar, Dua Hari Layani Seribu Lebih Kebutuhan Adminduk Warga

oleh -764 Dilihat
Bupati Ipuk saat bertemu warga/banyuwangikab

Banyuwangi, Infodis.id – Program jemput bola pelayanan layanan administrasi kependudukan Banyuwangi (Pelangi) ke desa-desa kembali digelar. Kali ini digelar selama dua hari di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo, 25-26 Januari. Selama dua hari melayani seribu lebih kebutuhan adminduk warga.

Program Pelangi merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi untuk meningkatkan pelayanan publik, dengan mendekatkan layanan ke desa-desa. Selama dua hari melayani 1.269 layanan adminduk.

“Kami senang antusiasme warga sangat tinggi dalam program ini. Hal Ini menunjukkan kesadaran warga untuk mengurus adminduk sudah cukup baik. Program ini sekaligus sosialisasi pada warga bahwa layanan adminduk itu mudah, cepat, dan gratis,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani keliling pelaksanaan program Pelangi, Rabu (26/1/2022).

Dalam kegiatan pelangi ini yang bisa dilayani adalah permohonan kartu Keluarga, KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran, akta kematian, dan konsultasi terkait masalah adminduk.

Di desa Sukorejo, Ipuk berkeliling menanyakan permasalahan yang dialami warga, sekaligus langsung bertanya terkait pelayanan Pelangi.

“Saya ingin memastikan pelayanan adminduk di sini lancar. Kami juga ingin menyampaikan bahwa semua layanan di sini gratis, tidak ada pungutan. Kalau sampai ada pungutan, kami pastikan itu bukan dari pemkab dan laporkan pada kami,” kata Ipuk.

Ipuk menambahkan, layanan ini diberikan untuk memudahkan warga dalam mengurus adminduk.

“Warga tidak perlu lagi ke kota untuk mengurus adminduk. Petugas Dispendukcapil yang akan keliling ke desa-desa untuk mendekatkan layanan,” tegas Ipuk.

No More Posts Available.

No more pages to load.