13 Juli 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNIS

Pupuk Kaltim Pertahankan Proper Nasional Emas Ke-5 dari KLHK

Jakarta, Infodis.id – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim / PKT) untuk kelima kalinya berhasil mempertahankan Proper Nasional Peringkat Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK).

Peringkat emas berhasil dipertahankan oleh Pupuk Kaltim atas konsistensinya dalam mempertahankan kinerja dan komitmen tata kelola lingkungan yang harmonis dengan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

Penghargaan diterima oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, dari Wakil Presiden RI, K.H. Ma’aruf Amin didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Selasa (28/12/2021) di Jakarta.

Dalam acara penganugerahan tersebut, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi perkembangan proper yang telah menjadi platform bagi dunia usaha dalam melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. Lebih lanjut, beliau berharap dunia usaha turut menyukseskan Presidensi G20 Indonesia 2022.

“Dalam rangka Presidensi Indonesia di G20, Indonesia harus dapat memberikan contoh dalam bekerja sama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata. Penanganan perubahan iklim harus bergerak maju seiring tantangan global lainnya, seperti pengentasan kemiskinan dan pencapaian target SDGs. Saya mengharapkan peran aktif kalangan dunia usaha dalam mengatasi masalah perubahan iklim dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan, salah satunya adalah, agar pelaku industri turut berpartisipasi dalam rencana target Indonesia (FoLU) Forestry and Other Land Use Net Shink 2030, karena Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca serta target Indonesia Net Zero Emission 2060.” kata Wapres dalam sambutannya, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Rabu (29/12/2021).

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi mengatakan, sejalan dengan roadmap PKT 40 tahun kedepan akan bisnis yang berkelanjutan, orientasi produksi dan operasional perusahaan ada pada keseimbangan People, Planet, dan Profit dengan penerapan prinsip ESG.

“Karena itu kami menggunakan standard tertinggi dalam pengelolaan lingkungan, sehingga sebagai perusahaan petrokimia dan pupuk yang memiliki kompleksitas produksi yang cukup rumit, kami tetap mampu mempertahankan peringkat emas. Selain itu, dalam aspek sosial yang juga merupakan salah satu faktor penting dalam penilaian ini, kami berupaya agar program pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh PKT tidak hanya mampu meningkatkan taraf hidup tetapi juga menciptakan kemandirian masyarakat,” tuturnya.

Related posts

Penjelasan Manajemen Pupuk Probolinggo Terkait Sanksi Satgas BUS PATAS

adminredaksi

Atlet Selancar Sebut Ombak G-Land Luar Biasa

adminredaksi

Mentan Didesak Komisi IV DPR RI untuk Revisi Tata Kelola Perunggasan demi Kesejahteraan Peternak Rakyat