18 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Rancang PPMS, ITS Bantu Pasien Darurat Dapatkan Pertolongan Pertama

Surabaya, Infodis.id – Selama pandemi Covid-19, rumah sakit di Indonesia kerap kewalahan dalam merawat pasien yang jumlahnya terus meningkat secara signifikan.

Akibatnya, terjadi antrean panjang pada Unit Gawat Darurat (UGD). Berangkat dari hal tersebut, enam sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang Portable Patient Monitoring System (PPMS) yang dipasang pada mobil ambulance untuk mempercepat pertolongan terhadap pasien dan memangkas antrean di emergency room atau UGD.

Tim yang diberi nama Imelda (singkatan dari Integrasi Semarang, Malang dan Surabaya yang merupakan asal dari para anggota tim, red) ini terdiri dari Prof Dr Ir Mauridhi Hery Purnomo MEng selaku ketua, Wiwik Anggraeni SSi MKom, Diah Risqiwati, Lailatul Husniah ST MT, Sugiyanto, dan Hanugra Aulia Sidharta.

Semua anggota tim Imelda tersebut saat ini masih menyelesaikan studi program S-3 di ITS di bawah bimbingan Prof Dr Ir Mauridhi Hery Purnomo MEng. Di samping itu, tim ITS ini juga turut melibatkan Dr Lailis Syafa’ah MT yang merupakan dosen Teknik Elektro dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai koordinator komunikasi tim dengan mitra kerja terkait.

Related posts

KTT ASEAN, Pelindo Siagakan Kapal Tunda Jayanegara 306 di Pelabuhan Labuhan Bajo

adminredaksi

Ingatkan ASN, Wali Kota Eri: Harusnya Kita Malu Masih Ada Bayi Stunting dan Gizi Buruk

adminredaksi

Ajarin, Aplikasi Pembelajaran Berbasis Tipe Gaya Belajar

adminredaksi