15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Ratusan Baret Rescue DPW Nasdem Jatim Ikuti Pelatihan Sebagai Regu Penolong

Lamongan, Infodis.id – Ada sekitar 161 pemuda dari Barisan Reaksi Cepat (Baret) Rescue DPW Partai NasDem Jawa Timur, menjalani pelatihan sebagai regu penolong.

Diklat selama 10 hari, dimulai sejak Jumat 2-11 Maret 2022 di Laguna Wego, Lamongan dengan macam-macam jenis pelatihan yang diberikan instruktur dari Basarnas Jatim, TNI, Polri, BPBD, Orari, rescue satwa hingga PMI.

“Sesuai instruksi Ketua Umum Partai NasDem Bapak Surya Paloh, kerja-kerja politik harus dibarengi dengan kerja-kerja kemanusian,” ujar Ketua DPW Partai NasDem Sri Sajekti Sudjunadi, Rabu (9/3/2022).

Perempuan yang biasa disapa kakak Jes ini menerangkan, banyak gunung berapi aktif di wilayah Jawa Timur, dan potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor. Jika terjadi musibah atau bencana, maka Partai NasDem bisa menjalankan misi kemanusiaan.

“Sebaik-baiknya manusia adalah dapat memberikan manfaat bagi sesama,” tuturnya.

Selama mengikuti pelatihan, peserta diklatsar baret rescue harus bangun pagi-pagi dari tenda barak, untuk menjalani latihan fisik. Bukan hanya sekedar berlari di hutan, tetapi juga berenang di telaga sejauh 100 meter untuk melatih otot, termasuk sebagai pelatihan pertolongan korban di air.

Selanjutnya, para relawan ini juga dibawa ke area hutan jati. Mereka berlatih membawa korban dengan menaikkan atau menurunkan korban dari tebing setinggi 20 meter. Termasuk pertolongan di darat, ketika mendapati korban yang sudah tidak dapat bergerak.

Related posts

HUT ke-65, BCA Terus Perkuat Dukungan untuk UMKM Melalui Tiga Pilar

adminredaksi

H. Zainul Hasan Terpilih Sebagai Ketum KONI Kabupaten Probolinggo

adminredaksi

PJB Meraih 3 Proper Emas dalam Anugerah Lingkungan Proper 2021

adminredaksi