21 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Ratusan Sapi Terjangkit PMK, Pemkab Sidoarjo Bersama Polisi dan TNI Tutup Pasar Sapi Serta RPH

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro saat cek kondisi sapi di RPH Krian/Ist

Sidoarjo, Infodis.id – Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Sapi, maupun binatang ternak yang berkuku belah atau dua lainnya seperti kerbau, kambing dan domba. Rabu (11/5/2022) bertempat di Balai Desa Tropodo, Krian, dilakukan pertemuan dari Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo bersama peternak sapi di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Pertemuan ini menindaklanjuti setelah ditemukannya ratusan sapi terjangkit PMK, yang terindikasi di 13 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan agar PMK pada sapi tidak semakin meluas.

Kepala Bidang Produksi Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Tony Hartono menyampaikan, virus PMK yang menjangkiti sapi ini selain tidak menular ke manusia juga tidak membuat daging sapi membahayakan masyarakat.

“Aman, asalkan direbus dulu. Minimal lima belas menit pada suhu 70 derajat. Begitu juga produk-produk turunannya, kalau sudah dimasak virusnya ikut mati,” jelasnya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Eni Rustianingsih mengatakan, pihaknya bersama TNI-Polri akan mengambil beberapa langkah guna memutus mata rantai penyebaran virus PMK pada sapi.

“Kami juga dibantu Polisi dan TNI sampai tingkat kecamatan akan menutup sementara pasar sapi maupun rumah potong hewan ilegal di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” tegasnya.

Related posts

PDAM Surabaya Bakal Door To Door ke Pelanggan Rumah Tangga, Harmonisasi Tarif Baru

adminredaksi

Porprov Jatim VII Bakal Digelar Pada 25 Juni Hingga 3 Juli 2022

adminredaksi

Kerja Bakti Massal, Wali Kota Eri Ikut Keruk Saluran Air

adminredaksi