25 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNIS

Sentuhan Smartfren Dalam Mendongkrak Pertumbuhan Industri Kreatif di Indonesia

PERTUMBUHAN industri kreatif di Tanah Air semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data dari OPUS Ekonomi Kreatif 2020, subsektoral ekraf berkontribusi sebesar Rp1.211 triliun kepada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Angka tersebut merupakan peningkatan dari tahun 2019 yang berkontribusi sebesar Rp1.105 triliun. Meningkatnya angka pertumbuhan itu menunjukkan ekonomi Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

Di era globalisasi dan semakin ketatnya persaingan, kunci utama bagi para pelaku usaha adalah kreatif dan terus berinovasi, agar bisnis yang dijalani mendapat respon dari konsumen.

Sejalan dengan itu, sejumlah sentuhan dilakukan Smartfren dalam upaya mendongkrak pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Program Mendongkrak Ekonomi Kreatif

Ada sejumlah langkah yang dilakukan. Smartfren Business, divisi dari perusahaan telekomunikasi Smartfren, meluncurkan platform E-Shop untuk pelaku bisnis dan usaha mikro, kecil dan menengah.

E-Shop menyediakan produk-produk yang berkaitan dengan bisnis, saat ini mereka menyediakan lisensi untuk platform konferensi video Zoom untuk pelaku bisnis dan UMKM.

Smartfren Business merupakan penyedia resmi layanan Zoom di Indonesia. Setiap pembelian akan mendapatkan dukungan pelanggan dari Smartfren, nomor lokal untuk menyelenggarakan konferensi virutal dan tagihan dalam rupiah.

Lisensi Zoom saat ini menjadi salah satu komponen penting dalam menjalankan bisnis di era digital, termasuk untuk koordinasi tim dari jarak jauh mengingat pembatasan kegiatan aktivitas fisik akibat pandemi virus corona. Saat ini E-Shop baru menjual lisensi Zoom, namun, Smartfren Business akan menambah.

Di sisi lain, Smartfren menyelenggarakan inisiatif program #TemanBukaPeluangmu untuk mengenalkan industri UMKM di Indonesia agar semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas, serta memberikan ruang lingkup yang lebih luas di masa depan.

Program ini diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM yang kebanyakan dilakukan oleh generasi muda agar lebih siap berkontribusi dalam perekonomian Indonesia, serta membukakan berbagai peluang.

Lewat program ini, Smartfren bekerja sama dengan para pendengung atau influencer untuk mempromosikan talenta-talenta UMKM dari berbagai sektor.

Inilah wujud kepedulian Smartfren dalam memberikan dukungannya kepada para pelaku UMKM agar dapat selalu berinovasi.
Masih dalam upayanya mendungkung dang mengembangkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia, Smartref melakukan Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia”.

Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka.

Contohnya adalah kegiatan Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazaar online.

Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, atau onde-onde. Sebelum adanya inisiatif ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk – produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat.

Ada juga Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, yakni Kopi dan Topi Bambu; serta Teman Kreasi Mojokerto, yakni Eco Printing, yang memberikan bimbingan sekaligus peningkatan kapasitas pada UMKM di sekitar wilayahnya.

Dengan adanya inisiatif Teman Kreasi Indonesia yang memberikan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM tersebut dapat menjual produk – produknya secara online dan dapat lebih kreatif dalam memasarkan produknya, baik berupa makanan dan minuman atau bentuk lainnya.

Sementara itu, dalam membuka peluang di era generasi milenial, Smartfren menggalar program roadshown goes to school di 14 SMK dan perguruan tinggi. Ini sejaalan dengan misi yang diusung Smartfren dan Smartfren Community, yaitu “open possibility”

Program roadshow goes to school di 14 SMK dan perguruan tinggi yang dilanjutkan dengan Influencer inkubator selama 3 hari itu bertujuan untuk tidak hanya membuka peluang tidak hanya sebatas sebagai influencer di kalangan milenial, tetapi bisa jadi content creator, digital marketer, film maker, start up.

Selanjutnya, Pijakbumi x Smartfren dengan special artwork Addy Debil, memanfaatkan kain katun daur ulang yang diolah dari sisa kain bekas denim; sementara pada bagian tali sepatu, menggunakan serat TENCEL™️ Modal yang berasal dari kayu pohon beech yang tumbuh di hutan yang dikelola secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Serat TENCEL™️ Modal ini telah disertifikasi sebagai bahan terbarukan dan bahan yang dapat sepenuhnya kembali ke alam (compostable).

Pada prosesnya, penggunaan material tersebut mengurangi konsumsi air bersih pada proses manufaktur dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sisa produksi tekstil.

Era Digital peranan perempuan sangat membantu untuk menghasilkan tambahan keluarga dengan memiliki keterampilan dan langsung dijual ke konsumen.

Bersama Rumah Kreatif Sfcom Tangerang melalui Komunitas Topi Bambu, mereka diajarkan untuk memanfaatkan teknologi dan memasarkan melalui marketplace .

Kemudian kegiatan literasi untuk kesejahteraan ekonomi, fokus Kegiatan Rumah Kreatif Smartfren Community Kbb adalah melalui Gerakan Literasi, dalam hal ini Literasi Untuk Kesejahteraan.

Optimalkan Jangkauan dan Pemakaian Data Internet Tanpa Was – was

Sementara itu, Smartfren telah menyelesaikan perluasan dan optimasi jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Inisiatif ini diselenggarakan demi memastikan pelanggan selalu mendapatkan kualitas jaringan terbaik.

Saat ini optimasi jaringan secara nasional telah selesai 100% dan perluasan jaringan juga telah berhasil meningkatkan coverage nasional Smartfren hingga 2,4%.

Selanjutnya Smartfren akan secara rutin melakukan peningkatan coverage dan optimasi jaringan di sepanjang tahun 2022. Secara nasional kedua kegiatan ini akan difokuskan untuk kualitas layanan Smartfren di daerah-daerah pemukiman dan berbagai wilayah sekitarnya.

Smartfren juga menerapkan teknologi jaringan dengan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

Kombinasi jaringan Smartfren yang semakin luas dengan teknologi serta jaminan quality of service tersebut telah berhasil meningkatkan pengalaman internet yang dirasakan pelanggan.

Untuk kenyamanan pelanggan dalam pemakaian data internet, Smartfren melounching Unlimited Nonstop. Paket ini punya keunggulan menarik. Misalnya Smartfren Unlimited Nonstop dengan batas bulanan bisa dipakai internetan dari lokasi mana pun, untuk aplikasi apapun selama 24 jam.

Beberapa kelebihan Smartfren Unlimited Nonstop, diantaranya, internetan terasa lebih nyaman dan bebas worry. Ketika batas bulanan amu habis, masih bisa mengakses internet karena paket ini punya Akses Nonstop.

Bahkan, ada tambahan extra benefit untuk akses aplikasi kebutuhan sehari-hari, yaitu aplikasi pesan instan, aplikasi e-commerce, aplikasi transportasi online, serta aplikasi pembayaran digital. Jadi sekali aktifkan paket ini, bisa langsung internetan tanpa was – was. (isa)

 

Related posts

Uji Coba E-Parkir Android

adminredaksi

Upaya Warga Lestarikan Wayang Thengul

adminredaksi

Ustadzah Oki Terkesan dengan Arsitektur Pendopo Sabha Swagatha Blambangan

adminredaksi