Telaga Sarean Diklaim Ilegal dan Berbahaya

oleh -127 Dilihat
Sejumlah wisatawan tampak menaiki rakit di Telaga Sarean tanpa pelampung/realita.co

Ponorogo, Infodis.id – Boomingnya objek wisata Telaga Sarean di Desa Ngadirojo Kecamatan Sokoo saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemarin, mengundang reaksi keras dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Ponorogo.

Bahkan, objek wisata yang muncul akibat genangan air Waduk Bendo ini diklaim ilegal dan berbahaya bagi wisatawan.

Hal ini diungkapkan, Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disparbudpora Ponorogo Farida Nuraini mengatakan, oprasional Telaga Sarean tanpa rekomendasi dan ijin Disparbudpora. Terlebih keberadaan jasa perahu wisata di areal genangan Waduk Bendo itu berbahaya lantaran tidak dilengkapi pengaman dan pelampung penumpang.

“Belum ada rekomendasi, belum ada ijin dari Dinas Pariwisata. Apalagi ada penyewaan perahu tanpa pengaman itu sangat merugikan sekali bagi wisatawan, dan berbahaya.” ujarnya, Selasa (4/1/2022).

Farida mengaku, saat libur Nataru hanya objek wisata Bukit Suharto di Kecamatan Badegan yang mengantongi ijin buka oleh Kementrian, sementara destinasi wisata lainnya di Ponorogo tutup. Hal ini mengacu pada Instruksi Mentri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 tahun 2021 serta Surat Edaran (SE) Bupati Ponorogo tentang penerapan PPKM level III di Ponorogo.

“Di Ponorogo yang menjadi percontohan dan boleh buka itu hanya Bukit Suharto,” ungkapnya, dilansir dari realita.co.

Lebih jauh, pihaknya akan melakukan survie dan kajian terkait oprasional Telaga Sarean. Pun dengan memanggil penanggung jawab objek wisata tersebut.

Pasalnya untuk menerbitkan rekomendasi wisata, maka faktor keselamatan wisatawan menjadi nomor satu. Bila unsur keselamatan dan dinilai berbahaya, maka pihaknya bisa mengeluarkan rekomendasi bahaya untuk wisatawan dan dihentikan oprasionalnya.

“Kita akan melakukan survie, objek wisata itu siapa yang mengampu dan bertanggung jawab. Kita akan lakukan kajian soal objek wisata itu,” bebernya.

No More Posts Available.

No more pages to load.