13 Juli 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAH

Tiga Wilayah di Kota Malang Diproyeksikan Jadi Kelurahan Bersih Narkoba 2022

Malang, Infodis.id – Kelurahan Tlogomas, Dinoyo, dan Sukun diproyeksikan menjadi Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) Tahun 2022. Hal itu sebagai upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Malang.

Pembahasan awal mengenai usulan tersebut dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang dan jajaran TNI/Polri di Grand Palace Hotel, Selasa (8/2/2022).

Kasubbag Umum BNN Kota Malang Yudha Wirawan, SE., MM mengungkapkan inisiasi Kelurahan Bersinar telah berjalan sejak tahun 2020. “Pilot project di Kelurahan Tanjungrejo tahun 2020 kemudian dilanjutkan di Kotalama dan Jodipan pada tahun 2021. Tahun ini usulan di Tlogomas, Dinoyo, dan Sukun,” terang Yudha.

Inisiatif ini dilandasi pemikiran bahwa isu narkoba dari waktu ke waktu semakin kompleks, sehingga dibutuhkan terobosan strategi untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika (PN) Tahun 2020-2024.

Lebih lanjut Yudha membeberkan, terkait pilihan usulan menjadikan Tlogomas, Dinoyo, dan Sukun dilakukan dengan memperhatikan delapan indikator utama dan lima indikator tambahan.

“Indikator utama di antaranya kasus kejahatan, kriminalitas, kegiatan hingga kurir narkoba. sedangkan indikator tambahan di antaranya lokasi hiburan, tempat kos, angka kemiskinan dan interaksi sosial,” terang Yudha.

Related posts

Pemprov Jatim Raih Penghargaan dari Rektor Unair Atas Dukungan Pelaksanaan Uji Klinis Vaksin Merah Putih

adminredaksi

Kejurnas Balap Sepeda Banyuwangi Catatkan Rekor Peserta Terbanyak

adminredaksi

Mahasiswa Ubaya Buat Alat Pembelajaran Geografi 3 in 1, Dilengkapi Teknologi AR

adminredaksi