25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PEMERINTAHAN

Tingkatkan Capaian, Selama Ramadhan, Banyuwangi Pacu Vaksinasi di Malam Hari

Vaksinasi di Banyuwangi selama Ramadhan/banyuwangikab

Banyuwangi, Infodis.id – Berbagai upaya dilakukan Pemkab Banyuwangi untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Selama Ramadan, Banyuwangi memacu vaksinasi di malam hari dengan mendatangi masjid atau musala saat pelaksanaan salat tarawih.

“Petugas dari Puskesmas dan Satgas di tiap kecamatan mendatangi masjid atau musala untuk membuka layanan vaksinasi di lokasi. Jadi usai melaksakan salat tarawih warga bisa langsung divaksin,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Minggu (17/4/2022).

“Ini salah satu cara kami untuk mendekatkan layanan vaksinasi pada masyarakat, sehingga cakupan vaksinasi lebih luas,” tambah Ipuk.

Tidak hanya layanan vaksinasi, Dinas Kesehatan Banyuwangi juga memberikan layanan chek up kesehatan gratis pada msayarakat di lokasi tersebut.

Ipuk menjelaskan akan terus memacu vaksinasi sampai angka maksimal. Banyuwangi melakukan kluster vaksinasi berbasis desa yang masih rendah angka vaksinasinya, sehingga lebih mudah meningkatkan tingkat vaksinasi.

Selama Ramadan Ipuk juga rutin salat tarawih di masjid desa-desa sekaligus memantau pelaksanaan vaksinasi, utamanya di desa yang masih rendah capaian vaksinasinya. Tidak hanya Ipuk, Wakil Bupati Sugirah juga melakukan hal serupa di desa-desa yang berbeda.

“Jadi saya dan Pak Sugirah bagi tugas. Selain bertemu langsung dan bersilaturahmi dengan masyarakat, kami juga memantau pelaksanaan vaksinasi di tempat yang berbeda. Ini agar cakupan vaksinasi semakin luas,” kata Ipuk.

Saat silaturahmi ke desa-desa tersebut Ipuk menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan hingga perwakilan pemuda, untuk mengajak masyarakat agar mau divaksin. Pelaksanaan vaksinasi malam hari ternyata cukup efektif, ratusan masyarakat memanfaatkan layanan ini untuk vaksin dan chek kesehatan.

Related posts

Tiga Pemain Bertahan Persebaya Absen

Miliki Keringat Berlebih, Ini Cara untuk Mengatasinya

adminredaksi

Dirut RSUD Sumberrejo: Informasi Loker di Grup FB Hoax

adminredaksi