25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO PENDIDIKAN

Tingkatkan Industri Maritim, Mahasiswa ITS Rancang Seasando

Desain kapal Seasando/Ist

Surabaya, Infodis.id – Indonesia merupakan negara maritim kepulauan dengan luas wilayah perairan mencapai 62 persen dari total luas wilayah. Guna mendukung peningkatkan industri maritim di Indonesia khususnya di bidang pariwisata, tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun berhasil mendesain kapal pesiar ramah lingkungan bernama Seasando.

Mereka adalah M Alfaridzi Rizqulloh, Afwan Izzul Muttaqin, Quito Abian Iqtarib yang tergabung dalam tim bernama Innovasea. Alfaridzi selaku ketua tim mencontohkan Kepulauan Rote di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki potensi di bidang pariwisata maritim. Untuk meningkatkan potensi tersebut diperlukan sebuah inovasi transportasi laut yang dapat memberikan kenyamanan dan kemewahan bagi penumpang.

“Namun, tidak juga terlepas dari penggunaan bahan bakar yang hemat energi dan ramah lingkungan” lanjutnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Sabtu (1/1/2022),

Berangkat dari hal tersebut, tim Innovasea mendesain kapal pesiar Seasando dengan pertimbangan terhadap kenyamanan, kecepatan, dan keamanan bagi penumpang dan lingkungan. Kapal ini dapat berlayar pada kecepatan 12 Knot dengan tampungan daya maksimal 25 kilowatt Peak.

“Selain itu, Seasando dirancang dengan bahan High-Modulus carbon fibre sehingga lebih ringan dan tetap kuat,” jelas Alfaridzi.

Related posts

Jelang Piala Dunia U-20, Pemkot Surabaya bersama FIFA dan PSSI Cek Kesiapan Venue

adminredaksi

Penilaian Pelayanan Publik 2022, Tim Ombudsman Bakal Turun ke Masing-masing Pemda

adminredaksi

Diskominfo Gelar Bimtek Pengelolaan Pelayanan Pengaduan SP4N-LAPOR

adminredaksi