19 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineINFO LAININFO NASIONALINFO PENDIDIKAN

Ukir Sejarah, Robot ITS Juara I ABU Robocon 2021

Surabaya, infodis.id – Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang diwakili oleh tim RIOT untuk kali pertama berhasil meraih Grand Prix atau Juara Pertama dalam ABU Robot Contest (ABU Robocon) Asia Pacific 2021 mewakili Indonesia, Minggu (12/12). Kompetisi bergengsi skala dunia tersebut diselenggarakan di China oleh Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) secara daring.

M Lukman Hakim ST MT, dosen pembimbing tim RIOT mengungkapkan bahwa ini merupakan kompetisi robotika internasional yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2002. Terdapat rangkaian kegiatan untuk sampai pada kompetisi tersebut, di antaranya adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) regional dan nasional. Perwakilan Indonesia dalam ABU Robocon 2021 ini adalah ITS dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). “Alhamdulillah ITS mendapatkan gelar Grand Prix atau setara juara pertama,” ucapnya penuh syukur, Senin(13/12/2021)

Sebelum mencapai tahap perlombaan tingkat internasional, tim RIOT yang diketuai oleh Adam Mail telah mengikuti kompetisi KRAI tingkat regional dan nasional. Setelah berhasil mendapatkan juara pertama pada dua tingkatan kompetisi tersebut, tim RIOT melanjutkan kompetisi tingkat internasional di ABU Robocon 2021. “Capaian kali ini merupakan yang terbaik karena pertama kalinya (ITS) mendapat juara pertama yang tentunya membawa nama besar ITS dan Indonesia di kancah dunia,” tutur Adam bangga.

Adam menjelaskan bahwa ada dua robot yang dilombakan pada ABU Robocon 2021 yaitu throwing robot bernama Thomas dan arrow kid robot bernama Arthur. Robot Thomas dan Arthur merupakan robot yang bekerja untuk melempar panah secara otomatis dari rak. Adapun mekanisme pelaksanaannya yaitu dengan robot memasukkan panah ke dalam pot berwarna merah dan biru. “Nilai maksimal jika panah dapat masuk ke dua pot yang berbeda dengan cepat,” jelas mahasiswa Teknik Elektro itu.

Related posts

Intiland Bukukan Pendapatan Rp 1,64 Triliun di Tahun 2021, Didominasi Penjualan Segmen Pengembangan Kawasan Perumahan

adminredaksi

Terima Kunjungan Delegasi Dewan Federasi Rusia, LaNyalla Minta Rusia Buka Jalur Perdagangan di Daerah Perang

adminredaksi

Tingkatkan Pelayanan Publik, Kanwil Kemenkumham – Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama Teken MoU

adminredaksi