25 Februari 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO BISNISINFO DAERAHINFO PEMERINTAHAN

UMKM di Banyuwangi Mulai Bangkit, Sudah Ekspor ke beberapa Negara

Bupati Ipuk saat berkunjung ke salah satu umkm/banyuwangikab

Banyuwangi, Infodis.id – Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19, UMKM di desa-desa Banyuwangi terus bangkit. Perlahan mereka menemukan kembali ritme usaha mereka. Seperti UMKM pembuat alat musik karimba, di Dusun Bolot, Desa Aliyan, Kecamatan Rpgojampi.

Tiap bulan, karimba buatan UMKM milik Supriyanto ini ekspor ke berbagai negara terutama Jamaika. Selain negara asal karimba, Jamaika, juga melayani negara-negara lainnya seperti Brazil, Korea, Perancis, dan lainnya.

“Alhamdulilah sekarang sudah banyak pesanan. Baru saja saya kirim 100 ribu karimba ke Jamaika,” kata Supriyanto, saat dikunjungi Bupati Banyuwangi Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, di sela Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa), di Desa Aliyan, Rabu (20/4/2022).

Sebelum pandemi, Supriyanto mengatakan bisa mengirim 200 ribu karimba ke luar negeri. Meski kini secara jumlah menurun, yang terpenting sudah kembali rutin ekspor ke luar negeri. Selain itu, menurut Supriyanto, produk buatannya juga kembali banyak dipesan toko-toko di Bali.

Supriyanto menjelaskan usahanya membuat karimba mulai dia rintis pada 2006, dengan bahan baku limbah batok kelapa, beberapa kayu dan jeruji sepeda. Setelah karimba buatannya disukai, Supriyanto juga merambah ke alat musik lainnya seperti boxdrum dan julidu.

Kini terdapat 8 pekerja yang merupakan pemuda sekitar di bengkel pembuatan alat musik mulik Supriyanto.

Related posts

Kolaborasi Pemkot Surabaya – Putera Sampoerna Foundation, Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik

adminredaksi

Suasana Haru di Pintu Gerbang Asrama Haji Sukolilo

Warner Bros. Discovery Tetapkan Kepemimpinan Baru untuk Produk Konsumen dan Francais Global