15 April 2024
INFODIS.ID
HeadlineIndeks BeritaINFO DAERAHINFO PEMERINTAHAN

Upaya Pemkab Banyuwangi Turunkan Stunting, Optimalkan Peran Ribuan Kader dan Tim Pendamping Keluarga

Banyuwangi, Infodis.id – Upaya Pemkab Banyuwangi menurunkan stunting dilakukan secara keroyokan. Pencegahan dan penanganannya melibatkan banyak pihak, termasuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) untuk pendeteksian sejak dini.

“Deteksi dini terhadap resiko stunting terus kita masifkan. Keberadaan TPK diharapkan bisa memperluas cakupan penemuan potensi stunting di masyarakat, sehingga semakin awal ditemukan, akan semakin cepat dilakukan intervensi,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan bantuan pulsa kepada TPK di sela-sela kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Jajag, Kecamatan Gambiran beberapa waktu lalu.

Ipuk menjelaskan Banyuwangi telah memiliki data keluarga terindentifikasi stunting yang lengkap by name by address, berikut faktor resikonya. Data ini sangat dibutuhkan agar program penanganan yang dilakukan tepat sasaran.

“TPK bertanggung jawab untuk memastikan setiap keluarga yang terindentifikasi berisiko tinggi stunting bisa mendapatkan intervensi dari pemerintah. Jadi mereka akan melakukan pemantauan secara rutin dan koordinasi dengan dinas terkait,” ujar Ipuk.

Related posts

Ini Deretan Tarif Pajak yang Naik Mulai Tahun Depan

adminredaksi

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Ke-2 Jatim

adminredaksi

IJTI Korda Surabaya Gelar Seminar Jurnalistik, Jaga Independensi di Tahun Politik