XL Axiata Gandeng SCOPI, Terapkan Solusi IoT untuk Tingkatkan Kualitas Kopi

oleh -535 Dilihat
Penerapan Iot/Ist

Jakarta, Infodis.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions menjalin kerjasama dengan SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia), dalam penerapan solusi berbasis Internet of Things (IoT) “Smart Coffee Monitoring”. Solusi ini untuk meningkatkan kualitas produk kopi dan efisiensi biaya operasional.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata mengatakan, berdasarkan hasil data Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, tingkat konsumsi kopi meningkat sebesar 7% setiap tahunnya.

“Untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan memiliki nilai mutu yang tinggi, diperlukan usaha untuk menjaga konsistensi kualitas kopi. Salah satu yang bisa kita tempuh adalah dengan memanfaatkan solusi berbasis IoT seperti “XL Smart Coffee Monitoring” ini.”,” melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi, Sabtu (25/12/2021)

Menurut Feby, solusi IoT ini tidak sekadar untuk mendigitalisasi proses produk kopi, namun benar-benar dapat menjadi personal assistant bagi para petani kopi khususnya dalam proses fermentasi dan pengeringan.

No More Posts Available.

No more pages to load.