Disperindag Probolinggo Fasilitasi Permodalan Pedagang Pasar dengan Perbankan

oleh -103 Dilihat
Foto/probolinggokab

Probolinggo, Infodis.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo memfasilitasi permodalan pedagang pasar dengan perbankan.

Hal ini diawali dengan penandatanganan kesepatan kerja sama antara Bank Mandiri Micro Cluster Probolinggo dengan Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan.

Kesepakatan kerja sama antara Bank Mandiri dengan Pasar Semampir ini potensinya ada sekitar 2000 pedagang aktif. Nantinya semua pedagang akan dibuatkan QRis dan TabMu. Pegawai retribusi pasar akan menjadi agen BB Bank Mandiri. Semua pedagang nantinya berkesempatan mengakses potensi KUR Sumi, KUR Mikro dan KUR Kecil.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh Natsir mengatakan kesepakatan kerja sama antara Bank Mandiri dengan Pasar Semampir ini bertujuan untuk membantu memenuhi permodalan para pedagang sehingga perekonomian bisa berjalan.

“Untuk limit pinjaman dibawah Rp 5 juta tidak memerlukan agunan dan cukup dengan rekomendasi kepala pasar. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada pengajuan lebih dari Rp 5 juta maka akan mengikuti ketentuan berupa agunan aset,” katanya.

Menurut Natsir, kesepakatan kerja sama antara Bank Mandiri Micro Cluster Probolinggo dengan Pasar Semampir ini dilakukan untuk memfasilitasi Kredit Modal Kerja dengan skema KUR dan digitalisasi keuangan pedagang di Pasar Semampir.

“Ini adalah tonggak dan awal untuk memberi kemudahan permodalan dan transaksi digital pedagang pasar. Ke depannya 32 pasar kelolaan Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan menggunakan jasa layanan perbankkan lewat Bank Mandiri yang tersebar di wilayah Probolinggo,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.